Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Papan Petualangan di Kelas IV SDN Kalisalak 01, Kabupaten Batang.


Maulana Malik.Ibrahim, 1402407163 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Papan Petualangan di Kelas IV SDN Kalisalak 01, Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Papan Petualangan di Kelas IV SDN Kalisalak 01, Kabupaten Batang.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Papan Petualangan di Kelas IV SDN Kalisalak 01, Kabupaten Batang.) - Published Version
Download (87kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran IPS, siswa diharapkan memperoleh pemahaman terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih sikap, nilai, moral, dan keterampilannya berdasarkan konsep yang telah dimilikinnya. Observasi awal yang diperoleh peneliti menunjukkan pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Kalisalak 01, Kab. Batang belum optimal. Metode dan media yang digunakan guru kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan materi IPS masih sulit dipahami oleh siswa dan membuat siswa menjadi kurang aktif. Perumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini yaitu apakah melalui model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan kualitas pembelajaran di Kelas IV SD N 01 Kalisalak, Kab. Batang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kalisalak 01, Batang melalui model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus dan dilaksanakan di SDN 01 Kalisalak, Kab. Batang. Subjek penelitiannya adalah guru serta siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari sembilan siswa laki-laki dan sembilan siswa perempuan. Hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode pengolahan data dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuriri dengan media papan petualangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Untuk aspek keterampilan guru menunjukkan bahwa pada siklus I persentase yang diperoleh 59,37% yang masuk dalam kategori cukup (C), pada siklus II persentase yang diperoleh 78,12% dengan katagori baik (B), dan pada siklus III persentase keberhasilan meningkat menjadi 96,87% yang termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Untuk aktivitas siswa pada siklus I persentase yang diperoleh 55,56% memperoleh kualifikasi cukup (C), pada siklus II persentasenya 66,67% memperoleh kualifikasi baik (B), sedangkan pada siklus III persentasenya meningkat menjadi 83,33% memperoleh kualifikasi baik (B). Untuk hasil belajar, persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 55,56%, pada siklus II sebesar 72,22%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 77,78 %. Nilai tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SD N Kalisalak 01 Batang. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam kegiatan pembelajaran, guru bisa menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan sebagai salah satu model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi. Model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya dengan disusuaikan pada materi dan kondisi belajar siswa. Model pembelajaran inkuiri dengan media papan petualangan solusi bagi guru karena mampu meningkatkan keaktifan dan minat siswa dalam belajar sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Papan Petualangan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 07:06
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item