Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02.


Budi, Gunawan Setya., 1402407159 (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02.) - Published Version
Download (18kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara pada 23 September 2010 dan 5 Oktober 2010 diperoleh data yaitu 52,64 % siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02 tidak mencapai KKM berbicara. Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam mengelola pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa masih kurang, sehingga pencapaian hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan berbicara kurang maksimal dengan rerata kelas 47,36%, nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 90. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02?. Masalah tersebut dirinci: (1) bagaimanakah keterampilan guru dalam mengajar menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples?; (2) apakah dengan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02?; (3) apakah dengan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar berbicara siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa SD Kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02, yang meliputi (1) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples; (3) mendeskripsikan hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan model pembelajaran Examples Non Examples. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Kalibanteng Kidul 02. Jumlah siswa sebanyak 38. Sedangkan variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples; (3) hasil belajar keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples yang meliputi peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Terbukti dengan peningkatan pada keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 19 % dari 68,75 % pada siklus I menjadi 87,75 % pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat sebesar 16% dari 65,5% pada siklus I menjadi 81,5% pada siklus ke II. Hasil belajar keterampilan berbicara dengan model pembelajaran Examples Non Examples meningkat sebesar 21% dari 55% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Disarankan agar guru dapat berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih efektif dan efisien agar siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dari guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Examples Non Examples, Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 06:58
Last Modified: 25 Apr 2015 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item