Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputers berbasis komputer pada Siswa Kelas IV SD N Sekaran 1.


Purwono, Rohmadi., 1402407108 (2012) Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputers berbasis komputer pada Siswa Kelas IV SD N Sekaran 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputers berbasis komputer pada Siswa Kelas IV SD N Sekaran 1.]
Preview
PDF (Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputers berbasis komputer pada Siswa Kelas IV SD N Sekaran 1.) - Published Version
Download (96kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Sekaran 1 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IV. Guru dalam pembelajaran IPA masih menggunakan metode kurang bervariasi, sehingga pembelajaran terkesan monoton. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan kurang aktif selama pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan pembelajaran IPA. Salah satunya adalah menggunakan pendekatan kooperatif tipe Talking Stickberbasis komputer. Masalah dalam penelitian adalah: 1) Apakah pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputer dapat meningkatkan keterampilan guru? 2) Apakah pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputer dapat meningkatkan aktivitas siswa? 3) Apakah pendekatan kooperatif tipe talking stick berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) meningkatkan hasil belajar IPA dengan pendekatan kooperatif tipe Talking Stick berbasis komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipeTalking Stickberbasis komputer yang dilakukan beberapa siklus sampai mencapai ketuntasan hasil belajar. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sekaran 1 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada siklus I keterampilan guru dalam pembelajaran IPAdiperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori cukup. Aktivitas siswa pada pembelajaran IPA diperoleh skor rata-rata 2,79 dengan kategori cukup. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 13 dari 25 siswa yang tuntas dengan KKM 65. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata 65,2 dengan kategori cukup, dan pencapaian ketuntasan sebesar 60%. Pada siklus II keterampilan guru meningkat menjadi skor rata-rata 3,2 dengan kategori baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi skor rata-rata 3,15 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 74 kategori cukup dan pencapaian ketuntasan sebesar 76%. Pada siklus III keterampilan guru juga meningkat menjadi skor rata-rata 3,8 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi skor rata-rata 3,55 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dengan nilai ratarata 80,4dengan kategori baik dan pencapaian ketuntasan sebesar 92%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan kooperatif tipeTalking Stickberbasis komputer dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran bagi guru adalah pendekatan kooperatif tipeTalking Stickberbasis komputer dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, pendekatan kooperatif tipe Talking Stickberbasis komputer
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 03:55
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item