Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara.


Widodo, Zati Anita, 1402407086 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Think Pair And Share Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara.) - Published Version
Download (19kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Mindahan 01 kecamatan Batealit Kabupaten Jepara di temukan pembelajaran belum dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal tersebut dikarenakan kondisi siswa yang belum siap mengikuti kegiatan pembelajran, selama pembelajaran belangsung beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, diantaranya ada yang ramai dalam kegiatan pembelajaran, memperhatikan suasana di luar kelas, dan melamun yang mengakibatkan siswa tidak semangat mengikuti pelajaran. Dengan menerapkan model menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Apakah model Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara? (2) Apakah dengan menggunakan model Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas siswa pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara? (3) Apakah model Think Pair And Share dapat meingkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan aktivitas guru (2) Meningkatan aktivitas siswa (3) Meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Mindahan 01 dengan mengambil sampel sebanyak 8 siswa putera dan 4 siswa puteri. Variabel Penelitian adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair And Share. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 75% dengan kategori baik, pada guru siklus II 84,4% dengan kategori sangat baik dan siklus III memperoleh 89,1% dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 77,86% dengan kategori baik, pada siklus II 85,2% dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III aktivitas siswa memperoleh 88,02% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar meningkat dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I 66,7% dengan kategori baik, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 75% dengan kategori baik, dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai 91,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan menerapkan model Think Pair And Share dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mindahan 01 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Saran yang dapat diberikan ialah sebaiknya pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan pendekatan kooperatif tipe Model Think Pair agar dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Think Pair and Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 03:52
Last Modified: 07 May 2012 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item