Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Bahasa Jawa Ragam Ngoko Lugu Berbantuan Media Audio Pada Siswa Kelas V SDN 02BratiKecamatan Kayen Kabupaten Pati


Hevi Tri Mulyani, 1401909119 (2012) Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Bahasa Jawa Ragam Ngoko Lugu Berbantuan Media Audio Pada Siswa Kelas V SDN 02BratiKecamatan Kayen Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Bahasa Jawa Ragam Ngoko Lugu Berbantuan Media Audio Pada Siswa Kelas V SDN 02BratiKecamatan Kayen Kabupaten Pati.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Bahasa Jawa Ragam Ngoko Lugu Berbantuan Media Audio Pada Siswa Kelas V SDN 02BratiKecamatan Kayen Kabupaten Pati.) - Published Version
Download (16kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di SDN 02Bratimengalami berbagai permasalahan antara lain guru belum memaksimalkan kreativitasnya dalam KBM, siswa cenderung bosan, serta terbatasnya fasilitas dan alat peraga. Berdasarkan hasil observasi data yang diperoleh peneliti bahwa siswa yang mendapat nilai dibawah KKMsebanyak 80% atau 12 dari 15 siswa. Data hasil belajar siswa menunjukkan nilai terendah 39, nilai tertinggi 76, dan rata-rata kelas 53, 07.Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pembelajaran berbantuan media audio dapat meningkatkan aktivitas siswa?;(2) Apakah pembelajaran berbantuan media audio dapat meningkatkan keterampilan guru?; (3)Apakah pembelajaran berbantuan media audio dapat meningkatkan keterampilan bercerita?. Penelitian ini bertujuanuntuk:(1) Meningkatkan aktivitas siswa dalam bercerita;(2) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bercerita; (3) Meningkatkan keterampilan bercerita dengan bahasa Jawa ragam ngoko lugu berbantuan media audio. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Brati 02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 15 orang siswa dan guru kelas V. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, siklus terbagi dalam empat tahapan, yaitu (1) perencanaan,(2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukkan peningkatan keterampilan bercerita siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas siswa siklus I 52%, siklus II menjadi 62%, siklus III 89, 33%. Keterampilan guru siklus I 60%, siklus II menjadi 75%, siklus III 95%. Hasil belajar siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 33, 33%. Setelah siklus II menjadi 73, 33%. Setelah siklus III dilakukan, persentase ketuntasan belajar klasikal menjadi 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan media audio dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan keterampilan bercerita siswa. Manfaat penelitian untuk mengembangkan keterampilan bercerita siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa agar lebih menarik dan variatif. Saran bagi guru untuk menerapkan pembelajaran berbantuan media audio pada pembelajaran yang lain. Sebaiknya guru mengadakan refleksi setelah melaksanakan pembelajaran guna mengetahui kelemahan yang ada dan mencari pemecahan untuk mengatasinya. Dengan menggunakan pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan aktivitas siswa danketerampilan guru yang berdampak pada peningkatan keterampilan bercerita siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bercerita dan Media Audio
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 00:57
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item