Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Kalisalak Magelang


Wahyuningsih Dwi, 1401909107 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Kalisalak Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Kalisalak Magelang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V SDN Kalisalak Magelang) - Published Version
Download (15kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah- langkah ilmiah berupa metode ilmiah dan didapatkan dari hasil eksperimen yang dikerjakan melalui ketrampilan proses proses sains. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini merumuskan masalah tentang apakah dengan penerapan pendekatan Direct Instruction ketrampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Kalisalak dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar IPA melalui pendekatan Direct Instruction pada siswa kelas V SD Negeri Kalisalak Magelang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Kalisalak yang berjumlah 29 anak terdiri dari 16 siswa putra, 13 siswa putri dan 1 orang guru. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa post tes pada akhir pembelajaran. Selanjutnya untuk menjaga validitas hasil penelitian maka data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode pengolahan data dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil antara siklus I, siklus II dengan hasil siklus III dan temuan selama pelaksanaan penelitian yang selanjutnya dibahas bersama dengan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA dengan penerapan pendekatan Direct Instruction. Skor rata-rata ketrampilan guru meningkat dari 2,4 (siklus I) menjadi 3,8 (siklus III). Skor rata-rata aktivitas siswa dari 2,2 (siklus I) menjadi 3,5 (siklus III).Respon siswa juga meningkat pada siklus III dari beberapa aspek yang meliputi materi yang diberikan 100% ( suka ), cara guru mengajar 93,1% (mudah diterima), bimbingan saat diskusi 89,7% (menyenangkan) , penggunaan alat peraga 96,5% (senang) dan penggunaan DI pada KBM berikutnya 86,2% (minat). Sedangkan presentase hasil belajar meningkat dari 34,47% siswa tuntas belajar (siklus I) menjadi 89,7% (siklus III). Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya penerapan pendekatan direct instruction tidak hanya digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA saja tetapi untuk semua materi pelajaran dan mata pelajaran lain di sekolah. Dalam pelaksanaan proses penerapan pendekatan direct instruction selalu dibuat dengan variasi pembelajaran yang menarik agar siswa tidak merasa bosan dengan materi dan cara yang digunakan ketika guru mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Direct Instruction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 May 2012 00:51
Last Modified: 25 Apr 2015 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item