Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas II SDN 1 Penaruban.
Isna Amalia, 1401909015 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas II SDN 1 Penaruban. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas II SDN 1 Penaruban.)
- Published Version
Download (128kB) | Preview |
Abstract
Tahap perkembangan anak sesuai dengan karakteristik cara anak belajar, proses pembelajaran yang paling tepat adalah pembelajaran tematik. Tematik merupakan pembelajaran tepadu dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna pada siswa. Berdasarkan hasil observasi awal dalam pembelajaran di kelas II SDN 1 Penaruban menunjukkan hasil belajar siswa belum maksimal, karena guru belum melaksanakan pembelajaran tematik sesuai amanat KTSP, belum menggunakan model yang bervariasi, media pembelajaran kurang memadai, aktivitas siswa pasif dan kurang antusias. Pencapaian ketuntasan klasikal untuk mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, dan PKn yaitu 42%, 55%, dan 61%. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas II SDN 1 Penaruban?. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas II SDN 1 Penaruban. Metode penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 1 Penaruban. Jumlah siswa sebanyak 38 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Variabel penelitian meliputi : Keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik melalui model kooperatif tipe make a match. Rata-rata keterampilan guru meningkat dari 65,90% kategori baik (B) (siklus I), menjadi 77,27% kategori baik (B) (siklus II), dan menjadi 88,64% kategori sangat baik (SB) (siklus III). Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 57,4% kategori cukup (C) (siklus I), menjadi 67,6% kategori baik (B) (siklus II), dan menjadi 87,5% kualifikasi sangat baik (SB) (siklus III). Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata 63,76 dengan ketuntasan klasikal 55% kategori sedang (siklus I), mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 70,50 dengan ketuntasan klasikal 74% kategori tinggi (siklus II), dan mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 77,11 dengan ketuntasan klasikal 84% kategori sangat tinggi (siklus III). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan model kooperatif tipe make a match terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik yang diindikasikan pada peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan sebaiknya guru berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas dengan menerapkan model kooperatif tipe make a match yang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | make a match, tematik. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 May 2012 04:25 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11749 |
Actions (login required)
View Item |