Upaya mengatasi rendahnya disiplin belajar dengan menggunakan pendekatan konseling realita pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang


Muhammad Sugeng Santoso, 1301407066 (2012) Upaya mengatasi rendahnya disiplin belajar dengan menggunakan pendekatan konseling realita pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya mengatasi rendahnya disiplin belajar dengan menggunakan pendekatan konseling realita pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang.]
Preview
PDF (Upaya mengatasi rendahnya disiplin belajar dengan menggunakan pendekatan konseling realita pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang.) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 1 Tengaran yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mengalami kecemasan pada saat menghadapi ulangan. Melalui pemberian layanan konseling dengan pendekatan realita diharapkan rendahnya disiplin belajar yang dialami oleh siswa bisa berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam mengatasi rendahnya disiplin belajar pada siswa melalui konseling individual dengan pendekatan realita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mixed methods) yaitu penggabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang tingkat kedisiplinan dalam belajarnya rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga klien sebelum dilakukan konseling individual dengan pendekatan realita memiliki kecenderungan disiplin belajar yang rendah pada beberapa aspek yaitu (a) patuh terhadap tata tertib belajar disekolah, (b) persiapan belajar, (c) perhatian terhadap kegiatan pembelajaran, (d) menyelesaikan tugas pada waktunya. setelah diberi layanan konseling individual dengan pendekatan realita yang berprinsip pada 3R yaitu right, responsibility, reality, masalahnya dapat teratasi dan memiliki tanggung jawab dalam belajar dan lebih disiplin dalam pembelajaran. NA dapat meningkatkan kedisiplinan dalam belajarnya dan dapat membagi waktu antara belajar dan bermain, DA dapat menerima kenyataan tentang sikap orang tuanya yang dianggap kurang memberi kasih sayang, dapat lebih konsentrasi dalam belajar serta menumbuhkan tanggung jawab dalam belajar dan lebih disiplin lagi dalam belajar sedangkan EL bersikap lebih positif dalam hubungan dengan pacarnya dan lebih meningkatkan disiplin belajar.. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah masalah rendahnya disiplin belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tengaran dapat diatasi melalui Konseling individual dengan pendekatan realita. Saran bagi siswa, siswa diharapkan untuk bisa memanfaatkan layanan-layanan bimbingan konseling disekolah agar bisa mengatasi masalah yang dihadapinya, terutama masalah rendahnya disiplin dalam belajar sedangkan saran untuk pihak sekolah diharapkan agar mampu mengatasi permasalahan-permasalahan siswa terkait rendahnya kedisiplinan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rendahnya disiplin belajar, konseling realita
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 May 2012 02:17
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item