Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Underachiever Melalui Konseling Rational Emotive Behavior di SMA Negeri 1 Kendal Kelas XI IPA 3 Tahun Ajaran 2011/2012


Mufarokhah, 1301407061 (2012) Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Underachiever Melalui Konseling Rational Emotive Behavior di SMA Negeri 1 Kendal Kelas XI IPA 3 Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Underachiever Melalui Konseling Rational Emotive Behavior di SMA Negeri 1 Kendal Kelas XI IPA 3 Tahun Ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Underachiever Melalui Konseling Rational Emotive Behavior di SMA Negeri 1 Kendal Kelas XI IPA 3 Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan, dimana terdapat siswa yang memiliki IQ tinggi namun tidak dapat meraih prestasi sesuai dengan kemampuan intelegensinya. Siswa-siswa ini disebut dengan istilah underachiever. Siswa underachiever memiliki motivasi belajar yang rendah sehingga kurang memiliki dorongan untuk belajar dan berdampak pada prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa underachiever menggunakan konseling Rational Emotive Behavior. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA N 1 Kendal yang mengalami gejala underachiever dan memiliki motivasi belajar rendah. Dalam penelitian ini fokus penelitianya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa underachiever. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua klien sebelum diberikan konseling Rational Emotive Behavior memiliki kecenderungan motivasi belajar rendah. Klien 1 (DA) dan klien 2 (RW) pada awalnya mempunyai permasalahan pribadi yaitu DA belum bisa menerima keputusan ibunya sedangkan RW merasa dirinya kurang berkompeten untuk mencapai hasil yang baik sehingga menyebabkan mereka tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar, menunda mengerjakan tugas, tidak bisa mengatur jadwalnya sendiri serta mudah gelisah. Setelah dilaksanakan konseling dengan dua siklus tindakan, masing-masing klien dapat mengatasi permasalahannya dengan merubah cara berpikir yang lebih rasional sehingga mereka bisa menjaga konsentrasinya dalam belajar, segera mengerjakan tugas yang diberikan dan melaksanakan belajar setiap hari meskipun tidak ada PR. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling Rational Emotive Behavior dapat meningkatkan motivasi belajar siswa underachiever. Dari simpulan tersebut dapat disarankan: (1) bagi klien agar dapat mengatasi permasalahanya sehingga tidak mengganggu motivasinya dalam belajar, (2) bagi guru pembimbing agar dapat menerapkan konseling Rational Emotive Behavior dalam membantu siswa-siswa underachiever yang mempunyai motivasi belajar rendah, (3) bagi peneliti lain agar melakukan pengkajian lebih dalam lagi berkaitan dengan motivasi belajar siswa underachiever.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Underachiever, Konseling Rational Emotive Behavior
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:56
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item