Mengatasi Rendahnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dengan Konseling Behavioristik Teknik Behavior Contract Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung


Erdina Ayuningtyas, 1301407007 (2012) Mengatasi Rendahnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dengan Konseling Behavioristik Teknik Behavior Contract Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mengatasi Rendahnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dengan Konseling Behavioristik Teknik Behavior Contract Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung]
Preview
PDF (Mengatasi Rendahnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Dengan Konseling Behavioristik Teknik Behavior Contract Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung) - Published Version
Download (62kB) | Preview

Abstract

Minat siswa terhadap Kegiatan Belajar Mengajar memperbesar peluang hasil belajarnya. Fenomena yang terjadi di SMPN 2 Tlogomulyo adalah memiliki minat yang rendah dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar di kelas dengan ditandai dengan perilaku – perilaku seperti siswa terlambat masuk kelas, di kelas hanya ikut - ikutan dengan teman, malas, mengantuk di kelas, sering tidak masuk kelas, sering makan di kelas, tidak pernah memperhatikan guru saat mengajar, melakukan aktivitas lain saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Oleh karena itu diupayakan mengatasi rendah minat dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan konseling behavioristik teknik behavior contract. Penelitian ini merupakan penelitian pre–eksperimen dengan menggunakan desain one - pre test and post test. Subyek penelitian diambil berdasarkan hasil akademis, DCM dan pengamatan. Jenis pengampilan sample digunakan adalah dengan cara purposive sampling yang berjumlah 6 siswa yakni YN, SR, RT, AN, SF dan JL. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil minat siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar sebelum mengikuti konseling behavioristik teknik behavior contract adalah 28,37% kategori rendah dan setelah mengikuti konseling behavioristik teknik behavior contract adalah 43,33% dengan kategori sedang, dan memiliki kenaikan sebesar 14,96%. Dari uji wilcoxon dengan t tabel n = 6, taraf kesalahan 5% diperoleh nilai 0,0. Dengan beda hasil (X1 – X2) dari kesemua siswa yang memiliki peningkatan memperoleh hasil dari jenjang dari T hitung = 21,0. Dengan memiliki prinsip bahwa t hitung ≤ t tabel adalah Ha diterima dan Ho ditolak, maka hal tersebut menunjukkan bahwa rendahnya minat siswa dapat diatasi dengan konseling behavioristik teknik behavior contract. Adapun kesimpulannya adalah rendahnya minat siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada siswa SMPN 2 Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung dapat diatasi dengan konseling behavioristik teknik behavior contract. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberi saran kepada guru BK atau konselor sekolah untuk melanjutkan pelaksanaan konseling serta dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar dan kepada siswa diharapkan berminat dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar agar mendapatkan proses dan hasil belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Konseling Behavioristik teknik Behavior Contract
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:22
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11735

Actions (login required)

View Item View Item