Pemberdayaan Masyarakat Peternak Lebah Madu “Apiari” (Studi Empiris Peternak Lebah Madu di Apiari Desa Kutosari Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang)


Lanindy Merian Andres, 1201407041 (2012) Pemberdayaan Masyarakat Peternak Lebah Madu “Apiari” (Studi Empiris Peternak Lebah Madu di Apiari Desa Kutosari Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemberdayaan Masyarakat Peternak Lebah Madu “Apiari” (Studi Empiris Peternak Lebah Madu di Apiari Desa Kutosari Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang)]
Preview
PDF (Pemberdayaan Masyarakat Peternak Lebah Madu “Apiari” (Studi Empiris Peternak Lebah Madu di Apiari Desa Kutosari Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang)) - Published Version
Download (96kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah strategi dan teknik pemberdayaan peternak lebah madu di Apiari; (2) Apakah manfaat pemberdayaan bagi peternak lebah madu di Apiari; dan (3) Apakah kendala pemberdayaan peternak lebah madu di Apiari. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan peternak lebah madu di Apiari; (2) Untuk mendeskripsikan manfaat pemberdayaan peternak lebah madu di Apiari; (3) Untuk mendeskripsikan kendala pemberdayaan peternak lebah madu di Apiari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini berlokasi di lembaga Apiari Desa Kutosari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 5 orang peternak lebah madu, dan 1 orang bagian kepala seksi produksi Apiari. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data dan ; (3) Penarikan Kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian antara lain efektivitas penggunaan waktu, observasi intensif, triangulasi, dan pengecekan anggota. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Strategi dan teknik pemberdayaan peternak lebah madu di lembaga Apiari Desa Kutosari meliputi penyuluhan-penyuluhan dan pelatihan dalam beternak lebah madu yang bekerjasama dengan dinas Kehutanan, dan penyediaan peralatan untuk beternak lebah madu. (2) Manfaat dari Pemberdayaan peternak lebah madu di Desa Kutosari antara lain: (a) Untuk meningkatkan pengetahuan beternak lebah bagi para peternak lebah; dan (b) Kemudahan proses pemasaran bagi para peternak lebah madu dan Apiari. (3) Kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan peternak lebah madu meliputi: (a) Kesulitan dalam penerimaan inovasi yang diberikan oleh Apiari kepada para peternak lebah madu; (b) Pemodalan dalam pemberdayaan peternak lebah madu dapat sedikit teratasi oleh adanya kerjasama antara pihak apiari dan peternak lebah madu dengan koperasi. Saran-saran yang disampaikan bagi pihak Apiari yaitu: (1) Diharapkan memiliki riset khusus secara bertahap untuk mengamati dan mengidentifikasi persoalan yang dihadapi di lapangan; (2) Senantiasa selalu mengembangkan ilmu dalam hubungannya dengan pembudidayaan lebah madu; (3) Diharapkan membuka diri untuk bekerjasama dengan elemen masyarakat dalam penanganan masalah yang dihadapi para peternak lebah madu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat, Peternak Lebah Madu, Desa Kutosari.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 06:07
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item