Keterlibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Bangsa” Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang


Nungki Susanti, 1201407017 (2012) Keterlibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Bangsa” Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keterlibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Bangsa” Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.]
Preview
PDF (Keterlibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini “Tunas Bangsa” Desa Ambowetan Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.) - Published Version
Download (96kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar menempati posisi yang strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Keterlibatan orangtua dalam pelaksanaan PAUD merupakan kunci utama keberlangsungan program PAUD. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan lembaga PAUD Tunas Bangsa?, 2) Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan lembaga PAUD Tunas Bangsa?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan lembaga PAUD Tunas Bangsa, 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung keterlibatan orangtua dalam penyelenggaraan lembaga PAUD Tunas Bangsa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari lima orangtua, satu pengelola/kepala sekolah dan dua pendidik. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Keterlibatan orangtua dalam PAUD Tunas Bangsa adalah orientasi pada tugas anak yaitu orangtua selalu menuntun anak agar anak dapat menyelesaikan tugas dengan baik, proses pembelajaran di sekolah yaitu orangtua selalu membantu anak dalam pembelajaran dengan memberikan dukungan dan motivasi kepada anak, aspek-aspek perkembangan yaitu orangtua memperhatikan perkembangan anak di dalam sekolah,. 2) faktor penghambat: orantua memberikan fasilitas kepada anak belum maksimal karena faktor material, faktor pendukung: keterlibatan orangtua yang baik dalam memberikan dukungan moral kepada anak. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan: 1) kepada pengelola Paud hendaknya para pendidik sering diikutsertakan dalam pelatihan pendidikan anak usia dini sehingga lebih profesional dalam mengajar, 2) Kepada pendidik agar menggunakan ragam media pembelajaran yang menarik, 3) Kepada orangtua mendukung kegiatan anak, dengan memberi kebebasan dalam mengembangkan potensinya, 4) Kepada orangtua agar lebih mengutamakan anak bersekolah di PAUD terlebih dahulu, sehingga anak bisa menyesuaikan pada saat bersekolah di TK, 5) Orangtua hendaknya memberikan fasilitas belajar anak seperti APE

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan, orangtua, penyelenggaraan, lembaga PAUD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 May 2012 03:02
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11727

Actions (login required)

View Item View Item