Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Dan Kreativitas Siswa Kelas V MI Darul Huda Mlagen Tahun Ajaran 2011/2012


Amalia Nur Muallifah, 1102406013 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Dan Kreativitas Siswa Kelas V MI Darul Huda Mlagen Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Dan Kreativitas Siswa Kelas V MI Darul Huda Mlagen Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Dan Kreativitas Siswa Kelas V MI Darul Huda Mlagen Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (106kB) | Preview

Abstract

Hakikat dari pembelajaran IPA adalah sebagai produk, proses, dan sikap secara alamiah. Sehingga dalam pembelajaran IPA dituntut adanya kreativitas dalam menemukan sesuatu dengan proses sistematik ilmiah dan perilaku ilmiah. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dalam proses belajar siswa dikondisikan dalam kerja kelompok yang memungkinkan untuk saling membantu dan mendukung kelompoknya, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V dan kreativitas siswa MI Darul Huda tahun ajaran 2011/2012. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 37 siswa, penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya diadakan kuis yang berupa tes objektif. Pada prasiklus diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa 58,10 atau 24,32% dan rata-rata kreativitas siswa 16,64 dengan persentase 30%. Pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar pada saat siklus I hanya mencapai 63 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 40,53%, rata-rata kreativitas siswa 18,91 dengan persentase 43%, persentase aktivitas siswa sebesar 69%, dan aktivitas guru 70%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 76,21 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,48%, rata-rata kreativitas siswa 24,97 dengan persentase 89,19% , persentase aktivitas siswa 86%, aktivitas guru 91%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas Vdan kreativitas siswa MI Darul Huda Mlagen tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD sangat baik diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Maka hendaknya guru dalam setiap pembelajaran perlu mempersiapkan strategi dan mempersiapkan media yang akan digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa SD/MI, karena dapat memicu siswa lebih aktif, kreatif, dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Student Team Achievement Division (STAD), hasil belajar, kreativitas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 07:10
Last Modified: 25 Apr 2015 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item