Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati, Semarang


Bekti Kartika Ayuningrum, 2303408024 (2012) Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati, Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati, Semarang.]
Preview
PDF (Pengembangan Buku Ajar Sebagai Pedoman dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab RA. Sinar Pelangi Kecamatan Gunungpati, Semarang.) - Published Version
Download (148kB) | Preview

Abstract

Buku ajar adalah segala bentuk buku yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Buku ajar bahasa Arab untuk anak memiliki ciri tersendiri karena keterbatasan-keterbatasan yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak, fungsi bahasa, dan keadaan masyarakat. Buku ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa sudah banyak ditawarkan. Namun, buku ajar untuk anak usia dini setaraf Taman Kanak-kanak (TK)/ atau Roudlotul Athfal (RA) masih jarang ditemukan. Padahal mayoritas sekolah Islam tersebut sudah memasukkan materi pelajaran bahasa Arab dalam kurikulumnya. Oleh karena itu, diperlukan buku ajar bahasa Arab yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Salah satunya dengan memanfaatkan buku ajar Al-Arabiyyah Lil Athfal. Dengan buku Al-Arabiyyah Lil Athfal siswa dapat memperbanyak latihan secara mandiri dan menyenangkan karena buku ajar Al-Arabiyyah Lil Athfal didesain semenarik mungkin dalam penyajian materinya. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian buku ajar ini adalah tiga puluh siswa kelas A Roudlotul Athfal Sinar Pelangi Semarang. Waktu penelitian dilakukan sejak 1 oktober 2011 sampai dengan 31 Januari 2012. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel terikat. Peneliti menggunakan instrumen tes dan non tes dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Dalam menganalisis data, peneliti juga menggunakan teknik berupa dokumentasi, observasi dan tes. Bahasan dalam penelitian ini adalah struktur komponen dan isi buku pembelajaran bahasa Arab siswa Taman Kanak-kanak (TK) usia 4-5 tahun, peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal dan respon dan minat siswa setelah menggunakan buku ajar Al-‘Arabiyyah lil Athfal. Penelitian ini menghasilkan buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah struktur dan komponen buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal untuk anak prasekolah yang sudah tersusun baik,kemampuan bahasa Arab siswa meningkat pada setiap pertemuan pada saat menggunakan buku ajar, serta meningkatnya respon siswa setelah menggunakan buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal. Saran diusulkan yaitu diharapkan guru TK/RA mencoba menggunakan buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal dalam pembelajaran. Selain itu, produk buku ajar Al-‘Arabiyyah Lil Athfal dapat dijadikan sebagai salah satu masukan dalam membuat buku ajar untuk anak prasekolah (usia 4–5tahun) pada tema-tema yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar,pembelajaran dan bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 05:21
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item