ANALISIS SINTAKSIS FRASA NON VERBA DALAM BUKU AL ARABIYYAH LIN NASYI'IN JILID 3


Mujianto, 2303408015 (2012) ANALISIS SINTAKSIS FRASA NON VERBA DALAM BUKU AL ARABIYYAH LIN NASYI'IN JILID 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SINTAKSIS FRASA NON VERBA DALAM BUKU AL ARABIYYAH LIN NASYI'IN JILID 3]
Preview
PDF (ANALISIS SINTAKSIS FRASA NON VERBA DALAM BUKU AL ARABIYYAH LIN NASYI'IN JILID 3) - Published Version
Download (578kB) | Preview

Abstract

Frasa adalah satuan gramatikal yang berupa gabungan dua kata atau lebih yang tidak melebihi batas klausa dan bersifat nonpredikatif. Maksudnya, frasa itu selalu berada dalam suatu fungsi unsur klausa, yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Akan tetapi studi tentang frasa non verba dalam bahasa Arab masih sangat sedikit dijumpai pada Program Studi Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Oleh sebab itu, diperlukan suatu paparan dan analisis tentang frasa non verba dalam bahasa Arab. Dalam penelitian ini akan dipaparkan bagaimana ragam,corak dan struktur frasa nonverba yang terdapat pada buku Al-Arabiah Lin Nasyi'in jilid 3 karya Dr. Mahmud Ismail Shini, Nasif Mustofa Abdul Aziz dan Mukhtar Thohir Khusain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam, corak dan struktur frasa nonverba dalam buku Al-Arabiah Lin Nasyi'in jilid 3 karya Dr. Mahmud Ismail Shini, Nasif Mustofa Abdul Aziz dan Mukhtar Thohir Khusain, sehingga masyarakat khususnya pembelajar bahasa Arab dapat mengetahui dan memahami secara menyeluruh tentang frasa non verba dalam bahasa Arab yang terdapat dalam buku Al-Arabiah Lin Nasyi'in jilid 3 . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini adalah frasa non verba. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Al Arabiyyah Lin Nasyi'in Jilid 3. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data mempergunakan teknik analisis deskriptif kualitatif mengacu pada pendapat Miles dan huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam, corak dan struktur frasa non verba dalam buku Al-Arabiah Lin Nasyi'in jilid 3 karya Dr. Mahmud Ismail Shini, Nasif Mustofa Abdul Aziz dan Mukhtar Thohir Khusain adalah frasa na'ty 204 frasa, frasa athfy (koordinatif) 84 frasa, frasa badaly (apositif) 13 frasa, frasa zharfy (adverbial) 46 frasa, frasa syibhul jumlah (Preposisional) 431 frasa, frasa idhafy 418 frasa, frasa adady (numerial) 27 frasa, frasa nida'iy 45 frasa, frasa isyary 52 frasa dan frasa tawqidy (penegas) 1 frasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Frasa, Frasa Non Verba, Buku Al Arabiyyah Lin Nasyi'in
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 04:51
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item