Analisis Kesalahan Penggunaan Mubtada’ dan Khabar Terhadap Hasil Karangan Mahasiswa pada Mata Kuliah Insya’’ (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Tahun Akademik 2010/2011)


Lu’lu’ Suraya LM., 2303407007 (2012) Analisis Kesalahan Penggunaan Mubtada’ dan Khabar Terhadap Hasil Karangan Mahasiswa pada Mata Kuliah Insya’’ (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Tahun Akademik 2010/2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Penggunaan Mubtada’ dan Khabar Terhadap Hasil Karangan Mahasiswa pada Mata Kuliah Insya’’ (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Tahun Akademik 2010/2011)]
Preview
PDF (Analisis Kesalahan Penggunaan Mubtada’ dan Khabar Terhadap Hasil Karangan Mahasiswa pada Mata Kuliah Insya’’ (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Tahun Akademik 2010/2011)) - Published Version
Download (317kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam mempelajari suatu bahasa (dalam hal ini bahasa Arab), sehingga terjadi suatu kesalahan. Kesalahan tersebut terjadi karena mahasiswa tidak menguasai aturan-aturan, kaidah-kaidah dan pola-pola bahasa secara sempurna. Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan penggunaan Mubtada’ dan Khabar. Penelitian ini mengkaji kesalahan penggunaan Mubtada’ dan Khabar yang dibuat oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa UNNES yang mengikuti mata kuliah Insya’ tahun akademik 2010/2011. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui jenis kesalahan penggunaan Mubtada’ dan Khabar yang dilakukan oleh mahasiswa serta mengetahui faktor penyebab kesalahan penggunaan Mubtada’ dan Khabar. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mengikuti mata kuliah Insya’ tahun akademik 2010/2011 dan sebagai sampel adalah 21 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang mengikuti mata kuliah Insya’ tahun akademik 2010/2011. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik prosentasi kesalahan. Berdasarkan hasil analisis data, ternyata mahasiswa masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan Mubtada’ dan Khabar, yakni pada analisis pertama diperoleh data 53 macam atau 73,61% kesalahan dengan rincian tidak adanya kesesuaian anatara Mubtada’ dan Khabar dalam hal mudzakkar dan muannats, dan terdapat 19 macam atau 23,69% kesalahan tidak adanya kesesuaian antara Mubtada’ dan Khabar dalam hal mufrod, tatsniyah, dan jamak. Sedangkan pada analisis kedua diperoleh data 12 macam atau 80% kesalahan tidak adanya kesesuaian anatara Mubtada’ dan Khabar dalam hal mudzakkar dan muannats, dan terdapat 3 macam atau 20% kesalahan tidak adanya kesesuaian antara Mubtada’ dan Khabar dalam hal mufrod, tatsniyah, dan jamak. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diajukan beberapa saran sebagai berikut:(1) Mahasiswa hendaknya memperdalam pengetahuannya tentang penggunaan Mubtada’ dan Khabar dalam karangan dengan cara berlatih. Bila perlu mahasiswa dapat meminta petunjuk dari dosen. (2) Karena Mubtada’ dan Khabar memilki syarat-syarat dalam penggunaannya diharapkan mahasiswa lebih tekun dalam mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, mubtada’ dan khabar, dan Insya’
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 04:38
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11699

Actions (login required)

View Item View Item