Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhanauntuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belik.


Mohamad Qomarullah Zaman, 1102405044 (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhanauntuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhanauntuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belik.]
Preview
PDF (Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhanauntuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belik.) - Published Version
Download (139kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan media yang digunakan dalam proses pembelajaran fisika pada pokok materi pesawat sederhana menjadikan penyampaian materi fisika yang bersifat abstrak dipandang kurang maksimal karena hanya disampaikan dengan bantuan media berupa whiteboard, sehingga penyampaian materi pesawat sederhana kurang konkrit. Berdasar pada kondisi tersebut peneliti bermaksud untuk memberikan inovasi media pembelajaran dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan menggunakan macromedia flash profesional untuk pokok materi pesawat sederhana sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara mengembangkan multimedia pembelajaran interkatif untuk pokok materi pesawat sederhana dengan menggunakan macromedia flash profesional untuk siswa kelas VIII SMPP N 2 Belik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif untuk pokok materi pesawat sederhana kemudianmenguji kelayaknnya. Manfaat dari penelitian ini bagi siswa adalah siswa memiliki media pembelajaran yang bersifat interaktif sehingga membantu mereka untuk bisa belajar mandiri. Selain itu manfaat bagi guru adalah memiliki media pembelajaran yang bisa membantu menyampaikan pokok materi pesawat sederhana dengan lebih konkrit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development). Dalam proses pengembangan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) untuk pokok materi pesawat sederhana ini peneliti mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan dalam model pengembangan ini melalui lima fase yaitu fase analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Berdasarkan pada data penelitian hasil pengujian produk MPI. Produk MPI untuk pokok bahasan pesawat sederhana dikatakan sesuai dengan kriteria kelayakan multimedia pembelajaran interaktif. Pada pengujian prototype produk MPI kepada ahli materi skor yang diperoleh sebesar 73% dari skor maksimal dan pengujian prototype kepada ahli media diperoleh skor sebesar 75,5% dari skor maksimal. Hasil yang diperoleh pada saat pengujian penggunaan produk MPI untuk pokok materi pesawat sederhana dalam proses pembelajaran diperoleh hasil sebesar 81% dari skor maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembanganmultimedia pembelajaran interaktif, macromedia flash profesional, pesawat sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2012 04:26
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item