Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Alat Peraga Matrik Pokok Bahasan Perkalian Bagi Siswa Kelas III SDN 02 Gunung Sugih Salem Brebes.


Vitaya, Rokib, 2010 (2010) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Alat Peraga Matrik Pokok Bahasan Perkalian Bagi Siswa Kelas III SDN 02 Gunung Sugih Salem Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Alat Peraga Matrik Pokok Bahasan Perkalian Bagi Siswa Kelas III SDN 02 Gunung Sugih Salem Brebes. ] Other (Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Alat Peraga Matrik Pokok Bahasan Perkalian Bagi Siswa Kelas III SDN 02 Gunung Sugih Salem Brebes. ) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Vitaya, Rokib. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Alat Peraga Matrik Pokok Bahasan Perkalian Bagi Siswa Kelas III SDN 02 Gunung Sugih Salem Brebes. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Drs. Yuli Witanto ; II Kurotul Aeni, S.Pd. M.Pd. 119 halaman. Kata kunci: Alat Peraga Matrik Perkalian, Perkalian Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 02 Gunung Sugih masih relatif rendah khususnya materi pokok perkalian. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang tidak menarik dan membosankan bahkan menakutkan. Dari permasalahan tersebut maka peneliti mempunyai gagasan untuk melakukan tindakan kelas dengan menggunakan alat peraga matrik di SDN 02 Gunung Sugih dalam pokok bahasan perkalian sehingga hasil belajar dapat mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga matrik perkalian, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan performansi guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 02 Gunung Sugih kecamatan Salem kabupaten Brebes pada tanggal 25 Mei 2010 sampai 30 Juni 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif . Indikator keberhasilan dalam penellitian ini adalah rata-rata kelas minimal 60 dan ketuntasan secara individual siswa memperoleh skor minimal 70 dan secara klasikal yang mencapai ketuntasan individual minimal 60% dari jumlah siswa yang ada. Indikator aktivitas belajar siswa, untuk ketidakhadiran siswa maksimal 10%, keberhasilan dalam menjawab pertanyaan guru lebih dari 50%, keterlibatan dalam menggunakan alat peraga matrik lebih dari 50%. Indikator performansi guru minimal nilai B (perolehan sekor pada setiap siklus minimal 75). Berdasarkan analisis data penelitian, pada siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata siswa 72,14, dan 9 siswa belum mencapai nilai 70. Ketuntasan klasikal 67,8%. Aktivitas belajar siswa dalam ketidakhadiran 0%, keberhasilan dalam menjawab pertanyaan 71,4 %, sedangkan yang menggunakan alat peraga matrik sebanyak 53,6. Performansi guru mencapai 82,75. Pada siklus II rata-rata 77,14, dan 6 siswa yang belum mencapai nilai 70. Ketuntasan klasikal 78,6%. Aktivitas belajar siswa dalam ketidakhadiran 0%, keberhasilan dalam menjawab pertanyaan 78,6 %, sedangkan yang menggunakan alat peraga matrik sebanyak 60,7%. Performansi guru mencapai sekor 92,50 Dengan demikian target penelitian tercapai. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah dengan menggunakan alat peraga matrik perkalian dapat meningkatkan hasil belajar,

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Matrik Perkalian, Perkalian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6688 not found.
Date Deposited: 26 May 2012 10:29
Last Modified: 26 May 2012 10:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item