Minat Siswa Kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati Terhadap Olahraga Tonnis Tahun Ajaran 2011/2012


Siti Nur Asiyah , 6101407001 (2011) Minat Siswa Kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati Terhadap Olahraga Tonnis Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Minat Siswa Kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati Terhadap Olahraga Tonnis Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Minat Siswa Kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati Terhadap Olahraga Tonnis Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Prestasi akan tercapai jika dalam diri seseorang ada minat, timbulnya minat terhadap suatu objek ditandai dengan adanya rasa senang atau tertarik. Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari campuran-campuran perasaan, harapan, pendidikan, rasa takut atau kecenderungan-kecenderungan lain yang mengarah individu kepada suatu pilihan tertentu (Andi Mappier,1982). Dengan minat tersebut maka seseorang mempunyai keinginan untuk melakukan olahraga yang diminati, sehingga akan mempengaruhi kemampuan atau keterampilan yang akan dicapai. Atas dasar uraian tersebut maka dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimana minat siswa kelas V di Kecamatan Gunungpati terhadap olahraga tonnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat kelas V di SDN Kecamatan Gunungpati terhadap olahraga tonnis tahun ajaran 2011/2012. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kecamatan Gunungpati yaitu 4 (empat) SDN dengan jumlah 114 siswa sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif presentase. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati terhadap olahraga tonnis. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati terhadap olahraga tonnis yaitu 26.32% dalam kategori sangat tinggi, 69,30% dalam kategori tinggi, 4,39% dalam kategori rendah dan tidak ada yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap olahraga tonnis pada siswa kelas V di SDN Kecamatan Gunungpati pada dasarnya termasuk dalam kategori yang tinggi yaitu sebanyak 69,30%. Sehubungan minat tonnis siswa kelas V SDN di Kecamatan Gunungpati dalam kategori tinggi maka penulis menyarankan kepada lembaga UNNES agar mengadakan kejuaraan-kejuaraan tonnis baik tingkat SD sampai dengan tingkat nasional sehingga akan diperoleh bibit-bibit unggul dalam olahraga tonnis. Kepada Sekolah agar mengembangkan olahraga tonnis lebih lanjut yaitu dengan pemberian kegiatan ekstrakurikuler olahraga tonnis disekolah. Kepada Guru agar selalu menciptakan modifikasi-modifikasi pembelajaran yang menyenangkan, karena cara mengajar ini terbukti disukai oleh para murid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga Tonnis
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2012 03:39
Last Modified: 25 Apr 2015 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item