Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Gen, Jenis, dan Ekosistem di SMAN 12 Semarang


Rubby Alfian , 4401405020 (2011) Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Gen, Jenis, dan Ekosistem di SMAN 12 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Gen, Jenis, dan Ekosistem di SMAN 12 Semarang]
Preview
PDF (Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Keanekaragaman Gen, Jenis, dan Ekosistem di SMAN 12 Semarang) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak. Agar kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran dapat dicapai lebih cepat, efektif dan efisien, siswa harus menyadari bahwa pembelajaran bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hasil observasi di SMAN 12 Semarang menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah. Di dalam proses pembelajaran guru hanya menyampaikan materi pelajaran belum dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem dengan desain pembelajaran kontekstual di SMAN 12 Semarang. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMAN 12 Semarang. Desain penelitian adalah one shot case study. Penelitian dilakukan pada 2 kelas sampel yaitu kelas X.5 dan X.6 yang diambil secara acak dari populasi yang terdiri dari 6 kelas. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar di kelas X.5 tingkat ketercapaian kriteria aktif dan sangat aktif mencapai 100% dengan rincian aktif sebanyak 21 siswa dan sangat aktif 14 siswa. Sementara pada kelas X.6 yang mencapai kriteria aktif dan sangat aktif sebanyak 80% dengan rincian kurang aktif 3 siswa, cukup aktif 4 siswa, aktif 13 siswa, dan sangat aktif sebanyak 15 siswa. Hasil belajar siswa kelas X.5 seluruhnya (35 siswa) telah mencapai KKM (≥65), sementara pada kelas X.6, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 34 orang dan seorang tidak tuntas hasil belajarnya. Untuk ketercapaian nilai optimal diperoleh hasil seluruh siswa kelas X.5 (35 siswa) dan 30 siswa kelas X.6 (jumlah seluruhnya 35 siswa) telah mencapai kriteria optimal (≥75). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran materi keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem dengan desain pembelajaran kontekstual yang diterapkan dapat mengaktifkan dan mengoptimalkan hasil belajar siswa di SMAN 12 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, keanekaragaman gen, jenis, dan ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2012 02:30
Last Modified: 25 Apr 2015 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item