Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2004/2005.
Tri Udaningsih, 3301401014 (2005) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2004/2005.)
- Published Version
Download (277kB) | Preview |
Abstract
Akuntansi di SMA merupakan mata pelajaran yang kompleks dan berkesinambungan. Untuk itu siswa perlu belajar secara kontinu guna mengatasi kesulitan-kesulitan dengan mengerjakan latihan-latihan soal. Siswa yang belajar secara kontinu akan berhasil dalam belajarnya dan jika siswa aktif belajar maka akan dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Perhatian orang tua dalam mendidik anak di lingkungan keluarga sangat penting karena lingkungan keluarga merupakan tempat terbaik untuk memulai pendidikan. Namun dalam kenyataannya menunjukkan masih banyak orang tua yang belum memperhatikan anaknya secara penuh. Prestasi belajar akuntansi di SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen masih dalam batas minimal yang ditentukan, sehingga perlu dikaji faktor-faktor yang mempengaruhi di antaranya perhatian orang tua dan kontinuitas belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perhatian orang tua dan kontinuitas belajar siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen, (2) Adakah pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen?, (3) Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perhatian orang tua dan kontinuitas belajar siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen, (2) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen dan (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akunsi siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen tahun ajaran 2004/ 2005 yang berjumlah 278 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional cluster random sampling sebanyak 74 siswa. Variabel yang diteliti meliputi perhatian orang tua dan kontinuitas belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar akuntansi sebagai variabel terikat. Data diambil dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perhatian orang tua siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen sebesar 4,05 dalam kategori baik. Kontinuitas belajar siswa juga dalam kategori tinggi mencapai 3,55. Rata-rata prestasi belajar dalam kategori cukup mencapai 73,61. Hasil uji parsial diperoleh hitung t untuk perhatian orang tua sebesar 2,106 dengan probabilitas 0,039, yang berarti perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji parsial diperoleh hitung t sebesar 3,235 dengan probabilitas 0,002, yang berarti kontinuitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji simultan diperoleh hitung F = 14,186 dengan probabilitas 0,000 yang berarti ada pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Dari hasil analisis regresi diperoleh R-square sebesar 0,286 yang berarti besarnya pengaruh perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar sebesar 28,6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan kontinuitas belajar siswa kelas II SMA Negeri I Kutowinangun Kebumen dalam kategori baik yang merupakan modal bagi pencapaian prestasi belajar secara optimal. Adanya pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada tahuntahun yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian ini guru hendaknya memberikan penghargaan dan memberlakukan hukuman kepada siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu. Guru hendaknya lebih memberikan motivasi untuk memanfaatkan waktu luang di perpustakaan atau menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sehingga siswa dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Orang tua hendaknya lebih memperhatikan belajar anak dengan mendampingi dan mengarahkan anak untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan teratur. Orang tua hendaknya memberikan hadiah atau bentuk penghargaan, baik dalam bentuk material maupun spiritual jika anak memperoleh prestasi belajar yang baik. Disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa guna mencari sumbangan dari faktor lain seperti kurikulum, guru, media pembelajaran, metode pembelajaran, fasilitas belajar, kondisi siswa, kondisi lingkungan baik lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Kontinuitas Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 08 Apr 2011 02:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1140 |
Actions (login required)
View Item |