Proses Pembelajaran Kursus Komputer Paket Office di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Demak


Khoiruli Fatkhur Rohman , 1201407038 (2011) Proses Pembelajaran Kursus Komputer Paket Office di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Proses Pembelajaran Kursus Komputer Paket Office di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Demak]
Preview
PDF (Proses Pembelajaran Kursus Komputer Paket Office di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Demak) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi masyarakat yang mampu memberi ketrampilan untuk bekal tambahan dalam mencari pekerjaan bagi masyarakat. Sanggar Kegiatan Belajar sebagai salah satu bentuk pendidikan yang memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran kursus komputer paket office yang meliputi : tujuan, bahan/materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran kursus komputer paket office yang meliputi : tujuan, bahan/materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 pamong belajar, 1 tutor, 4 peserta didik. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (5) Penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) Tujuan pembelajaran, untuk membantu peserta didik agar tingkah laku peserta didik berubah, meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan nilai. 2) Bahan/materi pembelajaran yaitu buku diklat dan modul panduan office. 3) Metode pembelajaran dengan ceramah, demonstrasi, kelompok kerja, dan tanya jawab. 4) Media pembelajaran yaitu perangkat komputer, media visual. 5) Evaluasi pembelajaran, evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Simpulan dalm penelitian ini adalah tujuan pembelajaran yang paling lemah yaitu pada ranah ketrampilan belum terlaksana dengan efektif, keberadaan sumber belajar berupa modul dan buku panduan terbatas jumlahnya, metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, kelompok kerja, dan tanya jawab, Media pembelajaran, perangkat komputer dan media visual, evaluasi pembelajaran dengan evaluasi formatif dan sumatif. Saran yang disampaikan yaitu : 1) tujuan pembelajaran ranah psikomotorik, penguasaan materi oleh peserta didik perlu ditingkatkan. 2) Bahan pembelajaran berupa modul office perlu ditambah, 3) Media pembelajaran perlu dilengkapi dengan media audio dan audio visual, serta perangkat komputer perlu ditambah. 4) Menggunakan metode pembelajaran yang dapat membangkitkan partisipasi peserta didik. 5) Pelaksanaan evaluasi formatif perlu melakukan pengamatan dengan seksama, tutor perlu mengevaluasi diri apakah penyampaian bahan/materi pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Kursus Komputer Paket Office
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:26
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item