Pengaruh Professional Commitment, Job Level, Dan Organizational Commitment Terhadap Prematur Sign-Off Behavior Of Audit Procedure Pada KAP Di JATENG Dan DIY”.


Arif Pamuji Nugroho, NIM. 7250407034 (2011) Pengaruh Professional Commitment, Job Level, Dan Organizational Commitment Terhadap Prematur Sign-Off Behavior Of Audit Procedure Pada KAP Di JATENG Dan DIY”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 9051.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Professional Commitment, Job Level, Dan Organizational Commitment Terhadap Prematur Sign-Off Behavior Of Audit Procedure Pada KAP Di JATENG Dan DIY”.]
Preview
PDF (Pengaruh Professional Commitment, Job Level, Dan Organizational Commitment Terhadap Prematur Sign-Off Behavior Of Audit Procedure Pada KAP Di JATENG Dan DIY”.) - Submitted Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris apakah komitmen profesional, tingkat jabatan, dan komitmen organisasi masing-masing mempunyai pengaruh terhadap terjadinya premature sign off. Berdasarkan jenisnya, data yang digunakan adalah data kuantitatif. Berdasar sumbernya, data yang digunakan adalah data primer. Kuesioner digunakan sebagai instrumen untuk memperoleh data. Kuesioner berisikan butir-butir pertanyaan yang telah didesain sedemikian rupa dengan mendasarkan pada indikator-indikator di setiap variabelnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta baik pada jenjang junior auditor, senior auditor, manajer, dan patner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik convenience sampling dan diperoleh sampel sebanyak 117 orang auditor. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian dengan metode Partial Least Square (PLS) menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara komitmen profesional dengan tindakan premature sign-off dikarenakan nilai t-statistic berada dibawah nilai kritis. Terdapat pengaruh negatif tingkat jabatan terhadap tindakan premature sign-off. Terdapat pengaruh positif tingkat jabatan terhadap komitmen organisasi. Terdapat pengaruh negatif komitmen organisasi terhadap tindakan prematur sign-off. Simpulan dari penelitian ini yaitu komitmen profesional tidak berpengaruh terhadap tindakan premature sign-off, tingkat jabatan berpengaruh positif terhadap tindakan premature sign-off, tingkat jabatan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap tindakan premature sign-off. Saran yang disampaikan kepada peneliti berikutnya adalah untuk memfokuskan penelitian pada penggunaan variabel komitmen organisasi yang dalam penelitian ini ternyata ditemukan tidak berpengaruh terhadap premature sign-off, disarankan penggunaan variabel lain yang lebih aktual yang disinyalir mempunyai pengaruh dalam terjadinya premature sign-off.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Profesional, Tingkat Jabatan, Komitmen Organisasi, Premature Sign-Off, Partial Least Square (PLS)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 09 Jan 2012 02:34
Last Modified: 25 Apr 2015 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item