FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG)


Erlita Dhiah Utami, 1550402022 (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRASWASTA (STUDI DESKRIPTIF PADA USAHAWAN RENTAL KOMPUTER DI SEKARAN GUNUNG PATI SEMARANG)) - Published Version
Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat berwiraswasta dan faktor apa yang paling mempengaruhi minat berwiraswasta usahawan rental komputer. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan studi populasi dengan karakteristik pemilik rental komputer dan telah terdaftar sebagai anggota PERSEBA (Persatuan Rental Sekaran Banaran). Metode penelitian dengan menggunakan angket faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwiraswasta, skala dan teknik wawancara sebagai pelengkap. Analisis validitas menggunakan product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata faktor yang mempengaruhi minat berwiraswasta pada kategori tinggi yaitu 76,45 %. Faktor inovasi yang tertinggi mempengaruhi minat berwiraswasta yaitu mencapai 83,27 %. Selanjutnya kebutuhan berprestasi dengan 82,66 pada taraf tinggi. Kemampuan berempati sebanyak 82,34 %. Faktor keempat yaitu kepercayaan diri dengan 81,38 %. Kemudian faktor selanjutnya yaitu sikap keterbukaan sebanyak 81,21 %. Motif untuk bekerja memberi pengaruh sebanyak 80,48 %. Selanjutnya yaitu faktor komitmen pribadi dengan 79,52 % dan pengambil resiko pada tingkat persentase 79,44%. Wiraswasta yang memilih motif untuk kreatif menunjukkan 78,63 % pada kategori tinggi. Berikutnya 78,30 yaitu pengendalian diri pada kategori tinggi. Kebutuhan akan kepemimpinan dengan 77,00 % pada kategori tinggi. Kemudian kemampuan memasarkan usaha menunjukkan 76,00 % yang berminat. Selanjutnya 75,16% yaitu kemampuan adaptif. Interaksi dalam keluarga berpengaruh sebanyak 74,00 %. Kemampuan bersaing menunjukkan persentase yang tidak rendah pula dengan 73,11 %. Sedangkan berorientasi pada tugas menunjukkan 73,00 %. Rekan kerja sebanyak 71,45% pada kategori tinggi. Tingkat kemandirian mempengaruhi sebanyak 70,77 pada kategori tinggi, berorientasi masa depan menunjukkan 69,95 % pada taraf sedang. Kondisi fisik lingkungan 69,20 % pada kategori sedang. Serta yang terakhir yaitu kondisi sosial ekonomi menunjukkan 67,40 % pada kategori sedang. Kenyataan di lapangan menunjukkan usahawan tertarik untuk berinovasi dengan memperbaiki pelayanan dengan menambah pengalaman melalui seminarseminar, mengikuti kursus untuk meningkatkan keahlian, persewaan komputer iv dan jasa olah data. Hasil tersebut menunjukkan usahawan rental komputer di Sekaran mampu mengelola faktor-faktor tersebut sehingga berpengaruh positif sebagai motivator ke arah yang lebih baik untuk dapat terus meningkatkan usahanya. Hasil penelitian menyarankan agar melalui penelitian ini diharapkan usahawan dapat lebih meningkatkan motivasi untuk berorientasi ke depannya dan bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan bagi penelitian selanjtnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwiraswasta
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Apr 2011 00:44
Last Modified: 25 Apr 2015 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item