(ABSTRAK) MISKONSEPSI PADA MATERI KELISTRIKAN, KEMAGNETAN DAN TATA SURYA SISWA SMP


Dwi Roro Ambarwati , 4201407013 (2011) (ABSTRAK) MISKONSEPSI PADA MATERI KELISTRIKAN, KEMAGNETAN DAN TATA SURYA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) MISKONSEPSI PADA MATERI KELISTRIKAN, KEMAGNETAN DAN TATA SURYA SISWA SMP]
Preview
PDF ((ABSTRAK) MISKONSEPSI PADA MATERI KELISTRIKAN, KEMAGNETAN DAN TATA SURYA SISWA SMP) - Published Version
Download (128kB) | Preview

Abstract

Siswa biasanya telah memiliki dugaan dari pengalaman sehari-hari dan informasi dari lingkungan sekitar. Ketika siswa memperoleh informasi baru maka siswa cenderung untuk menghubungkannya dengan konsep awal siswa. Jika informasi baru ini bertentangan dengan konsep awal siswa maka dapat terjadi miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa pada materi kelistrikan, kemagnetan dan tata surya. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Cilacap, SMP N 1 Jeruklegi dan SMP N 3 Kesugihan dengan objek penelitian sebanyak 118 siswa kelas IX. Metode yang dilakukan adalah dengan tes tertulis yang berbentuk 3-tier multiple choice. Tes ini diberikan setelah proses pembelajaran selesai. Miskonsepsi pada jawaban siswa ditentukan dengan rubrik interpretasi hasil tes, sehingga jawaban siswa dapat dikelompokkan sesuai dengan tingkat pemahamannya yang meliputi pengetahuan penuh, paham sebagian, miskonsepsi dan tidak paham. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapatkan persentase miskonsepsi siswa untuk setiap konsep pada materi Kelistrikan, Kemagnetan dan Tata Surya sebagai berikut: konsep fenomena listrik statis 25,6%, konsep besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik 30,3%, konsep besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari 24,6%, konsep cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan 25,9%, konsep faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi 33,4%, konsep karakteristik benda-benda langit dalam tata surya 27,5%, konsep fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan 25,3%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Kelistrikan, Kemagnetan, Tata Surya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 07:09
Last Modified: 19 Dec 2011 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item