FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK NEGERI 1 KENDAL


Baskoro Eriyanto Putro , 7101407057 (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK NEGERI 1 KENDAL]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN SMK NEGERI 1 KENDAL) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor intern dan faktor ekstern. Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa tidak sedikit prestasi belajar akuntansi siswa yang belum maksimal. Tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor intern dan faktor ekstern terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian berjumlah 120 siswa kelas XI program keahlian keuangan tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intern dan faktor ekstern belajar mampu menjelaskan variasi pada prestasi belajar akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Kendal sebesar 56,1%, selebihnya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam model regresi yang diperoleh. Faktor intern belajar memiliki sumbangan yang besar terhadap garis regresi yang dihasilkan dibandingkan dengan faktor ekstern belajar, dengan demikian faktor intern belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan faktor ekstern belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya faktor intern dan faktor ekstern akan berpengaruh terhadap prestasi akuntansi siswa. Saran yang dapat dikemukakan yaitu siswa hendaknya membaca ulang materi baru yang diberikan oleh guru jika merasa kurang paham dan guru diharapkan dapat menciptakan hubungan yang baik dengan siswa dalam mengajar sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Disarankan pula orangtua hendaknya membantu anak dengan dukungan fasilitas yang lebih memadai dalam belajar dan berusaha memperhatikan jadwal belajar anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Intern Belajar, Faktor Ekstern Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 05:20
Last Modified: 25 Apr 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item