Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA Negeri se Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011


Susmiati , 201407042 (2011) Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA Negeri se Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA Negeri se Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Geografi SMA Negeri se Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tingkat kompetensi pedagogik guru pada dasarnya merupakan kualitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kualitas proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru. Artinya kualitas kompetensi pedagogik guru akan sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran yang akan berpengaruh pada kualitas hasil pendidikan, hal ini dikarenakan guru merupakan pihak yang berinteraksi langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, begitu juga dengan guru geografi yang memiliki peran besar dalam keberhasilan pembelajaran geografi. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti ingin mengkaji bagaimana tingkat kompetensi pedagogik guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Batang berjumlah 9 guru, sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 sekolah dengan 7 orang guru, dengan menggunakan teknik random sampling, yaitu pemilihan secara acak. Variabel kompetensi pedagogik dalam penelitian ini adalah 1) memahami karakteristik peserta didik, 2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran geografi, 4) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, 5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, 6) memfasilitasi pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, 7) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, 8) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, 9) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Metode pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Batang secara keseluruhan berkriteria baik dengan presentase 86%. Tetapi jika dilihat dari sub variabel, ada yang belum tercapai secara maksimal yaitu 1) memahami karaktristik peserta didik, secara keseluruhan berkriteria baik, tapi ada 2 sub variabel yang belum memenuhi kriteria yaitu mengidentifikasai bekal ajar peserta didik serta mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik, 2) dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, secara keseluruahan berkriteria baik, tapi ada 2 sub variabel yang belum tercapai secara maksimal yaitu dalam penerapan berbagai pendekatan, strategi, metode dan tehnik pembelajara, 3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran geografi, secara keseluruhan berkriteria baik, tapi ada sub variabel yang belum tercapai secara maksimal yaitu menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran geografi dan penataan materi belajar serta pengembangan indikator dan instrument penilaian, 4) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, secara keseluruhan berkriteria baik, ada 2 sub variabel yang belum tercapai secara maksimal yaitu menyusun rancangan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran 5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, secara keseluruhan berkriteria baik, ada sub variabel yang belum memenuhi kriteria yaitu memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses pembelajaran, 6) memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara keseluruhan berkriteria baik, tapi pada sub variabel menyediakan kegiatan pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik mencapai prestasi secara maksimal, belum memenuhi kriteria, 7) Berkomunikasi secara efektif, empatik dengan peserta didik, semua guru berkriteria baik, kemampuan guru satu dengan guru yang lain sama, 8) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, secara keseluruhan berkriteria baik, tapi 2 sub variabel belum maksimal yaitu mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar dan evaluasi proses dan hasil belajar, 9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, secara keseluruhan berkriteria baik, pada sub variabel mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi belum maksimal. Saran bagi guru geografi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogiknya, dalam memahami karakteristik peserta didik, diharapkan guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik, dan dapat mengidentifikasai bekal ajar peserta didik. Dalam penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, diharapkan guru mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. Dalam mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran geografi, diharapkan guru agar mampu menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran geografi, penataan materi belajar dan mampu mengembangkan indikator dan instrument penilaian. Dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, diharapkan guru mampu menyusun rancangan pembelajaran, serta dapat menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan. Dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, diharapkan guru dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses pembelajaran, agar pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam memfasilitasi pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, diharapkan guru mampu menyediakan kegiatan pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik mencapai prestasi dengan maksimal. Dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, diharapkan guru untuk lebih meningkatkan komunikasi antara guru dengan siswa. Dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, diharapkan guru mampu mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar serta evaluasi proses dan hasil belajar agar guru mengerti kemampuan dari masing-masing siswa. Dalam memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, guru diharapkan dapat mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kompetensi Pedagogik, Guru Geogarfi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 19 Dec 2011 05:53
Last Modified: 25 Apr 2015 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item