Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2011/2012


Afni Kurniawati , 7101407263 (2011) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal jurnal khusus sehingga prestasi belajar siswa rendah. Pembelajaran akuntansi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode STAD dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran STAD dibandingkan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Batang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, terpilih kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan metode pembelajaran kooperatif STAD dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan metode pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan uji perbedaan dua rata–rata (uji t). Hasil analisis data pre test kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang relatif sama, tidak ada perbedaan kemampuan awal dari kedua kelas. Hasil analisis uji independent sample t test data post test menunjukkan adanya perbedaan rata -rata, kelas eksperimen rata-rata prestasi belajar mencapai 86,70. Sedangkan kelas kontrol rata–rata prestasi belajar mencapai 80,36. Hal ini menunjukkan rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari uji paired sample t test menunjukkan kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan prestasi belajar, namun lebih tinggi kelas eksperimen. Aktivitas belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil simpulan bahwa pembelajaran kooperatif STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal khusus. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif STAD dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Dec 2011 04:13
Last Modified: 25 Apr 2015 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11077

Actions (login required)

View Item View Item