Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011
WACHYUDI , 6102909036 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan model pembelajaran penjasorkes merupakan salah satu upaya membantu penyelesaian permasalahan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III di SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah model pembelajaran keseimbangan gerak dalam Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III di SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 10 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas III SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 anak. Ujicoba dilaksanakan di persawahan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes keseimbangan gerak. Hasil penelitian menunjukkan jalan ke depan di pematang sawah dengan merentangkan kedua tangan yang berjarak 20 M dengan kategori baik sekali 76,67% dan kategori baik adalah 23,33%, lari di pematang sawah melompati kardus yang berjarak 20 M dengan kategori baik sekali adalah 70,00% dan kategori baik adalah 30,00%, lari di pematang sawah bertumpu pada papan yang berjarak 20 M dengan kategori baik sekali adalah 60,00% dan kategori baik adalah 40,00%, meniti menggunakan bambu di atas parit yang berjarak 3 M dengan kategori baik sekali adalah 86,67% dan kategori baik adalah 13,33%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan gerak siswa kelas III SD Negeri 02 Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 dalam kategori baik dari hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan angka rata-rata sebesar 73,33% dengan jumlah 30 sampel yang berkategori ”Baik Sekali”. Saran dalam penelitian ini hendaknya sekolah melengkapi sarana dan prasarana untuk meningkatkan keseimbangan gerak anak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Keseimbangan Gerak |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Dec 2011 07:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11067 |
Actions (login required)
View Item |