ANALISIS PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI RATU SEMARANG
Dzurotul Aini, 7350406048 (2011) ANALISIS PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI RATU SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
This is the latest version of this item.
Microsoft Word ( ANALISIS PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI RATU SEMARANG )
- Published Version
Download (55kB) |
Abstract
SARI Dzurotul A. 2011. “Analisis Promosi, Customer Relationship Management (CRM), dan Loyalitas Konsumen pada Restoran Sari Ratu Semarang”. Skipsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Suhermini, M.Si. II. Prof.Dr. Joko Widodo,M.Pd Kata Kunci: Promosi, Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Konsumen Kesuksesan suatu perusahaan ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya adalah promosi, customer relationship management (CRM), dan loyalitas konsumen. Ketiga-tiganya mempunyai peranan penting untuk perusahaan dalam memenangkan persaingan dan kelangsungan hidup perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman promosi, customer relationship management (CRM) dan loyalitas konsumen pada restoran Sari Ratu Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis promosi, customer relationship management (CRM), dan loyalitas konsumen pada restoran Sari Ratu Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran Sari Ratu Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus iterasi dan diperoleh 115 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan bahwa promosi, customer relationship management (CRM), dan loyalitas konsumen pada restoran Sari Ratu Semarang termasuk dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan hasil penelitian variabel promosi yang menjadi modus adalah penilaian baik, yang terdapat pada indikator menginformasikan (informative) sebanyak 32,17% responden dan indikator membujuk (persuasive) sebanyak 36,81% responden menyatakan sangat baik, serta pada indikator memantapkan (reinforcement) sebesar 42, 32% responden menyatakan baik. Pada variabel customer relationship management (CRM) yang menjadi modus adalah penilaian sangat baik, yang terdapat pada indikator balas jasa (rewarding) sebanyak 47,83%, indikator perlakuan istimewa (preferential treatment) sebesar 59,56%, dan indikator komunikasi (communication) sebesar 38,26% responden menyatakan sangat baik. Sedangakan pada variabel loyalitas konsumen, yang menjadi modus adalah pernyataan tinggi, yang terdapat pada semua indikator, yaitu repeat sebesar 45,65%, retention sebesar 61,74%, dan refferal sebesar 46,09%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 15 Dec 2011 02:15 |
Last Modified: | 15 Dec 2011 02:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10985 |
Available Versions of this Item
-
ANALISIS PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI RATU SEMARANG. (deposited 12 Dec 2011 00:22)
- ANALISIS PROMOSI, CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN SARI RATU SEMARANG. (deposited 15 Dec 2011 02:15) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |