PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009-2010


Nisrochah , 4201406018 (2011) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009-2010]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS HANDS ON ACTIVITY PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA 12 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009-2010) - Published Version
Download (104kB) | Preview

Abstract

Nisrochah. 2010: Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activity pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Mengembangkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA 12 Semarang Tahun Ajaran 2009-2010. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dra. Dwi Yulianti, M. Si. dan Dr. Sulhadi, M. Si. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, pembelajaran hands on activity Pembelajaran fisika pada umumnya masih bersifat teacher centered dan kurang melibatkan aktivitas peserta didik. Akibatnya peserta didik tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran hands on activity dapat mengembangkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu membandingkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diterapkan pembelajaran hands on activity sedangkan pada kelompok kontrol diterapkan pembelajaran ceramah dan demonstrasi. Aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observasi selama pembelajaran berlangsung sedangkan kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui lembar kegiatan praktikum dan soal. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok eksperimen meningkat lebih besar daripada kelompok kontrol. Uji normal gain menunjukkan aktivitas belajar peserta didik pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 0,17 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,10 dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok eksperimen sebesar 0,19 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,09. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran hands on activity pada pokok bahasan fluida statis dapat mengembangkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA 12 Semarang tahun ajaran 2009-2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, pembelajaran hands on activity
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 15 Dec 2011 02:17
Last Modified: 15 Dec 2011 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10958

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item