Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Miftahul Huda Bogorejo


Sri Khanifah , 4401406538 (2011) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Miftahul Huda Bogorejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Miftahul Huda Bogorejo]
Preview
PDF (Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Miftahul Huda Bogorejo) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemilihanmetode pembelajaran yang tepat diperlukan dalam pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup agar materi mudah dipahami siswa dan hasil belajar meningkat.Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran biologi di kelas VII-B MTs Miftahul Huda Bogorejo, dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru cenderung mendominasi dengan metode ceramah sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Siswa memerlukan variasi metode pembelajaran agar tidak bosan dan menerima materi pembelajaran dengan maksimal sehingga hasil belajar optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B di MTs Miftahul Huda Bogorejo dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Huda Bogorejo kelas VII semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII-B MTs Miftahul Huda Bogorejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B yang diambil dengan pertimbangan hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan kelas VII-A, diperkuat dengan rata-rata hasil belajar yaitu 60,45 dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar ≥65 belum tercapai. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I hasil belajar aspek kognitif mencapai nilai rata-ratanya sebesar 71 dengan persentase ketuntasan klasikal 72%, pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 77 dengan persentase ketuntasan klasikal 78% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 81 dengan persentase ketuntasan klasikal 89%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I sebesar 72%, pada siklus II meningkat menjadi 81% dan pada siklus III mencapai 89%. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 69%, pada siklus II meningkat menjadi 83% dan pada siklus III mencapai 86%. Melalui pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, memberi kesempatan siswa untuk melakukan berbagai proses sains, berinteraksi dengan obyek nyata sehingga siswa mampu membangun pengetahuan sendiri dan hasil belajar meningkat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada materi klasifikasi makluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B MTs Miftahul Huda Bogorejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: klasifikasi makhluk hidup.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2011 07:06
Last Modified: 25 Apr 2015 08:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item