PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH OLEH GURU SEJARAH DI DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2011
Diah Ayu Mawarti , 3101407082 (2011) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH OLEH GURU SEJARAH DI DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH OLEH GURU SEJARAH DI DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2011)
- Published Version
Download (866kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Sejarah di sekolah-sekolah, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus belum sepenuhnya efektif dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Berdasarkan observasi peneliti serta diskusi dengan para guru sejarah di SMA Negeri dan Swasta di kabupaten Kudus menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sejarah belum sepenuhnya optimal. Penggunaan Media pembelajaran sejarah dan penerapan metode pembelajaran inovatif juga belum dilaksanakan oleh guru sejarah secara optimal. Hal ini, antara lain disebabkan oleh kurangnya kompetensi dan ketrampilan yang dimiliki oleh guru sejarah dan juga mahalnya biaya dalam pemanfaatan media pembelajaran yang modern. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran sejarah oleh guru sejarah, (2) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran inovatif oleh guru sejarah, (3) Apakah penerapan metode pembelajaran inovatif oleh guru Sejarah di SMA Kabupaten Kudus Tahun 2011 disertai dengan pemanfaatan media pembelajaran sejarah? Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran sejarah oleh guru sejarah (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran inovatif oleh guru Sejarah, (3) Untuk mendeskripsikan apakah penerapan metode pembelajaran inovatif oleh Guru Sejarah di SMA Kabupaten Kudus Tahun 2011 disertai dengan pemanfaatan media pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan tersebut dipilih agar pemanfaatan media pembelajaran sejarah oleh guru sejarah di dalam penerapan metode pembelajaran inovatif di SMA Kabupaten Kudus dapat dideskripsikan secara jelas. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, metode observasi, dan metode wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pemanfaatan media pembelajaran sejarah oleh guru sejarah di SMA Kabupaten Kudus tahun 2011 dapat dikatakan baik. Enam dari delapan responden (guru) dalam penelitian ini telah mampu memilih, mempersiapkan, dan menggunakan media pembelajaran sejarah dari yang sederhana sampai yang kompleks, (2) Penerapan metode pembelajaran inovatif oleh guru sejarah dapat dikatakan cukup baik. Empat dari delapan responden (guru) telah mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran inovatif. (3) Guru sejarah di SMA Kabupaten Kudus tahun 2011 telah mampu menerapkan metode pembelajaran inovatif dan disertai dengan pemanfaatan media pembelajaran sejarah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran sejarah, Metode Pembelajaran Inovatif, SMA |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Dec 2011 04:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10861 |
Actions (login required)
View Item |