Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran PS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007.


Esti Mumpuni, H , 3301401180 (2006) Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran PS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran PS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007.]
Preview
PDF (Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran PS-Ekonomi Materi Pokok Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007.) - Published Version
Download (770kB) | Preview

Abstract

Aktivitas siswa dalam pembelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang masih rendah dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII belum mencapai ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar yang dicapai hanya 51,16 % dan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 6,53 , karena selama ini pembelajaran yang dilaksanakan bersifat satu arah (dari guru). Seluruh kegiatan siswa akan terarah jika pembelajaran didorong untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Guna mencapai tujuan-tujuan, para siswa dihadapkan dengan situasi yang memerlukan keaktifan siswa dalam melakukan bermain peran dan diskusi yang dipandu guru. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PS-Ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran PS-Ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi kelas VII SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2006/2007 dengan menggunakan model pembelajaran role playing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan skor rata-rata siswa yang dicapai di akhir siklus II yaitu 7,81 dengan ketuntasan hasil belajar sacara klasikal sebesar 86,05%. Dan hasil kegiatan belajar siswa di akhir siklus II mencapai ketuntasan klasikal sebesar 77,74%. Dari hasil penelitian disarankan bahwa hendaknya guru mata pelajaran P-S ekonomi kelas VII menggunakan model pembelajaran role playing pada materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Hendaknya SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang menambah sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, misalnya menambah buku-buku literatur. Di dalam melaksanakan pembelajaran, hendaknya guru memberikan motivasi dan informasi tentang materi yang sedang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Model Pembelajaran Role Playing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Apr 2011 02:12
Last Modified: 25 Apr 2015 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item