(ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KETANGKASAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERBUKITAN PADA SISWA KELAS IV SD


Vita Sugiyarti, 6102909194 (2011) (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KETANGKASAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERBUKITAN PADA SISWA KELAS IV SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN  KETANGKASAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERBUKITAN PADA SISWA KELAS IV SD]
Preview
PDF ((ABSTRAK) MODEL PEMBELAJARAN KETANGKASAN DALAM PENJASORKESMELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERBUKITAN PADA SISWA KELAS IV SD) - Published Version
Download (119kB) | Preview

Abstract

Metode mengajar merupakan salah satu faktor yang sangat berperan menunjang tujuan belajar mengajar sebab metode belajar mengajar ini berkaitan langsung dengan penggunaan strategi yang tepat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar mengacu hal tersebut peneliti tertarik dengan permasalahan yaitu : Apakah model pembelajaran ketangkasan pendidikan jasmani pada kelas IV efektif meningkatkan aktifitas siswa sekolah dasar Negeri Candigaron 02 kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang? Tujuan ini untuk mengetahui Apakah model pembelajaran ketangkasan pendidikan jasmani pada kelas IV efektif meningkatkan aktifitas siswa sekolah dasar Negeri Candigaron 02 kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan yaitu dengan : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) uji coba skala kecil berupa model permainan ketangkasan panjat tebing dengan menggunakan tali dengan menggunakan kuisoner dan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran serta konsultasi yang kemudian dianalisis, (3) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan ahli penjas uji coba kelompok kecil (12 siswa). Revisi digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (4) uji lapangan (40 siswa), (5) revisi produk ahir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (6) hasil ahir permainan ketangkasan panjat tebing dengan menggunakan tali bagi siswa kelas IV di SD candigaron 02 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisoner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran) , uji coba kelompok kecil (12 siswa - siswi SD candigaron 02), dan uji lapangan (40 siswa – siswi SD candigaron 02 ). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk , saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisoner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 79,3% (baik), ahli pembelajaran I 78% (baik), ahli pembelajaran II 78,6% (baik), uji coba kelompok kecil 82,07% (baik) dan uji coba lapangan 77,49% (baik) dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan ketangkasan panjat tebing dengan menggunakan tali dapat digunakan bagi siswa SD candigaron 02 kecamatan sumowono kabupaten semarang. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan ketangkasan panjat tebing dengan menggunakan tali ini pada siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2011 06:33
Last Modified: 09 Dec 2011 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item