Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Nova Dela Ria Ika Sejati , 3401407014 (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.)
- Submitted Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran diharapkan mampu memberikan motivasi dan merangsang aktivitas siswa dalam belajar. Media pembelajaran digunakan dalam rangka komunikasi dan interkasi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran memiliki beberapa jenis, diantaranya: media grafis, audio, dan proyeksi diam. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TIK) dapat diperoleh dari Radio, Televisi, VCD pembelajaran, komputer, dan Internet. Berdasarkan penelitian awal di SMP Negeri 5 Semarang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis TIK sudah tersedia di sekolah akan tetapi peneliti belum mengetahui apakah media pembelajaran sudah dimanfaatkan guru khususnya guru PKn secara optimal. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimana pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Semarang? dan 2) hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Semarang? Penelitian ini memfokuskan tentang pemanfaatan Media Pembelajaran PKn Berbasis TIK di SMP Negeri 5 Semarang yang mencakupi: 1) pemanfatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada SMP Negeri 5 Semarang, terdiri dari kemampuan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK, ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK, dan dampak pemanfatan media pembelajaran berbasis TIK serta penerapan pemanfaatan media dalam pembelajaran; dan 2) hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Semarang, dilihat dari unsur: murid, guru, dan fasilitas. Sumber data penelitian adalah sebagai berikut: 1) data primer (informan) dan 2) data sekunder (dokumen dan peristiwa). Metode Pengumpulan Data adalah 1) metode dokumentasi, 2) observasi, dan 3) wawancara. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang meliputi 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) menarik kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Semarang kurang dimanfaatkan dengan baik karena masih ada media atau alat bantu yang tersedia tetapi tidak dimanfaatkan dalam pembelajaran, selain itu ada kendala lain yaitu guru juga kurang mampu dalam mengoperasikan media berbasis TIK. Kemampuan guru dalam pemanfaatan media masih kurang terutama ketika mempersiapkan dan memanfaatkan media pembelajaran. Ketersediaan sarana dan prasarana di SMP Negeri 5 Semarang dari segi jenis cukup lengkap tapi jumlahnya masih kurang. Dampak pemanfaatan media pembelajaran pada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan rangsangan kegiatan belajar serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan 2) hambatan dalam pemanfaatan media berbasis TIK adalah kompetensi guru dan kondisi media. Kemampuan guru dalam pemanfaatan media TIK masih kurang karena guru PKn di SMP Negeri 5 Semarang tidak pernah mengikuti pelatihan-pelatihan TIK dan mencari informasi serta pengetahuan tentang media teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang saat ini. Kendala lainnya adalah kondisi media pembelajaran yang dimiliki SMP Negeri 5 Semarang masih kurang diperhatikan dan cendrung diabaikan oleh pihak sekolah, misalnya saja ada salah satu media komputer di kelas yang mengalami kerusakan tetapi tidak segera diperbaiki. Hal itu dikarenakan pihak sekolah tidak memiliki tenaga teknisi khusus yang langsung dapat memperbaiki media yang mengalami kerusakan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar 1) bagi guru, sebaiknya guru mengikuti pelatihan TIK serta wajib mencari buku panduan yang berisi informasi dan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi khususnya media pembelajaran berbasis TIK yang dimanfaatkan dalam pembelajaran, 2) bagi sekolah, pihak sekolah dan pemerintah diharapkan dapat bekerja sama untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Media Pembelajaran, TIK, Pancasila, Dasar Negara |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 K Law > KZ Law of Nations T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 07:59 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10761 |
Actions (login required)
View Item |