Minat Siswa Kelas Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Se-Kabupaten Purworejo.
Heryubowo , 6101407204 (2011) Minat Siswa Kelas Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Se-Kabupaten Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Minat Siswa Kelas Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Se-Kabupaten Purworejo.)
- Submitted Version
Download (9MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa kelas akselerasi di kabupaten Purworejo lebih mementingkan pelajaran akademik dan tidak aktif dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana minat siswa kelas akselerasi terhadap mata pelajaran penjasorkes. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui minat siswa kelas akselerasi terhadap pelajaran Penjasorkes se-Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, X, dan XI yang berjumlah 73 anak. Teknik pemilihan sampel dengan total sampling sejumlah 73 anak, dan teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner dilengkapi dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah responden yang termasuk dalam kategori sangat baik ada 17 responden (23,29%), responden yang termasuk dalam kategori baik ada 29 responden (39,73%), responden yang termasuk dalam kategori kurang baik ada 22 responden (30,14%), dan responden yang termasuk dalam kategori tidak baik ada 5 responden (6,85%). Simpulan penelitian ini : (1) berdasar analisis deskriptif per aspek adalah minat siswa kelas akselerasi terhadap pelajaran penjasorkes termasuk dalam kategori baik, (2) berdasar analisis deskriptif per responden minat siswa kelas akselerasi terhadap pelajaran Penjasorkes termasuk dalam kategori baik. Saran yang diberikan adalah (1) dengan minat siswa yang baik ini, seyogyanya guru Penjasorkes terus meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran seperti pemberian latihan yang sistematis dan tidak monoton, penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, dan evaluasi yang menarik sehingga meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran Penjsorkes, (2) bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat menambahkan variabel lain yang berhubungan dengan minat siswa mengikuti pelajaran Penjasorkes seperti media pembelajaran, metode, teknik, atau evaluasi dalam pelajaran Penjasorkes sehingga diperoleh informasi yang lebih akurat, lengkap, dan lebih obyektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Kelas Akselerasi, Mata Pelajaran Penjasorkes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 07:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10757 |
Actions (login required)
View Item |