Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square Siswa Kelas III SD Negeri Harjowinangun1 Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012
Mirnawati Mulyani , 2101407179 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square Siswa Kelas III SD Negeri Harjowinangun1 Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square Siswa Kelas III SD Negeri Harjowinangun1 Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
ii SARI Mulyani, Mirnawati. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Model Word Square Siswa Kelas III SD Negeri Harjowinangun1 Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro, M.Hum. Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. Kata kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman, model word square Keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Negeri Harjowinangun1 Kabupaten Grobogan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut dikarenakan siswa maupun guru menganggap keterampilan membaca pemahaman sulit untuk dikuasai maupun diajarkan. Penggunaan media dan teknik pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan belum maksimal. Faktor lain yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam membaca pemahaman adalah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman, sehingga siswa sulit untuk bisa menjawab pertanyaan dan atau membuat pertanyaan berkaitan dengan isi teks. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran membaca pemahaman dengan model word square pada siswa kelas III SD Negeri Harjowinangun 1 Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2011/2012? (2) bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman setelah mengikuti pembelajaran dengan model word square? dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dengan model word square? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mengetahui proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan model word square, (2) mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah mengikuti pembelajaran membaca dengan model word square, dan (3) mengetahui perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model word square. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Harjowinangun 1 Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan membaca pemahaman dan variabel model word square. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian berupa tes membaca pemahaman, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui deskripsi perilaku ekologis, catatan harian guru dan siswa, wawancara, sosiometri, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan, yaitu sebesar 52,86 dan berada dalam kategori kurang. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,97 atau 20,75% menjadi sebesar 63,83 atau berkategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan penelitian siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat sebesar 19,96 atau 31,27% menjadi sebesar 83,79 atau kategori baik. Selain itu, hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih santun dalam berperilaku, percaya diri, dan saling menghargai dalam kegiatan presentasi, serta lebih mampu bekerja sama dengan temannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Harjowinangun 1 mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang lebih positif setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model word square. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru, khususnya guru kelas III SD Negeri Harjowinangun 1 untuk menggunakan model word square. Bagi peneliti lain, disarankan agar melakukan penelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan membaca pemahaman.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, membaca pemahaman, model word square |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 08 Dec 2011 02:24 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10730 |
Actions (login required)
View Item |