Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model Example Non Example pada Siswa Kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang
Anisa Nur Hamimah , 1402407126 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model Example Non Example pada Siswa Kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model Example Non Example pada Siswa Kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan refleksi awal dalam pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang kurang optimal, karena cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang masih kurang, sehingga minat belajar siswa rendah dan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 36,50%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah melalui model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS di kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang? (2) Apakah pembelajaran IPS dengan model Example Non Example dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang? (3) Apakah pembelajaran IPS dengan melalui model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang?. Ketiga permasalahan tersebut diteliti dengan tujuan untuk (1) Meningkatkan keterampilan guru (2) Meningkatkan aktivitas siswa, dan (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Example Non Example pada siswa kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang yang berjumlah 38 siswa dengan menerapkan model Example Non Example yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: pada siklus I, keterampilan guru dalam pembelajaran memperoleh skor 22 dengan kategori baik, aktivitas siswa mendapat skor rata-rata 18,4 dengan kategori baik dan tingkat ketuntasan hasil belajar 65,79%. Pada siklus II keterampilan guru mendapat skor 25 dengan kategori baik, aktivitas siswa mendapat skor 21,06 dengan kategori baik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 78,95%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus III dengan peningkatan skor keterampilan guru sebesar 31 dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat skor rata-rata 26,1 dengan kategori sangat baik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 92,10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Example Non Example dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengajaran, belajar tim/diskusi kelompok, menganalisis gambar, dan pengharagaan telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang . Dan saran setelah penelitian ini adalah (1) guru dapat mempersiapkan media yang akan digunakan sesuai dengan materi yang akan diajarkan dan disesuaikan karakteristik siswa,(2) Siswa dibiasakan untuk terlibat langsung dalam setiap pembelajaran, sehingga siswa akan terbiasa untuk mengemukakan pendapat, (3) Untuk lebih menguji kebenaran dari penelitian ini, maka diperlukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, Example Non Example, IPS. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Dec 2011 07:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10635 |
Actions (login required)
View Item |