Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Rakyat melalui Teknik 4P pada Siswa Kelas V SDN Bintoro I Demak Tahun Pelajaran 2009/2010


Nurul Faizah, 2101406683 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Rakyat melalui Teknik 4P pada Siswa Kelas V SDN Bintoro I Demak Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Rakyat melalui Teknik 4P pada Siswa Kelas V SDN Bintoro I Demak  Tahun Pelajaran 2009/2010] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Rakyat melalui Teknik 4P pada Siswa Kelas V SDN Bintoro I Demak Tahun Pelajaran 2009/2010) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Faizah, Nurul. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Rakyat melalui Teknik 4P pada Siswa Kelas V SDN Bintoro I Demak Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Suparyanto. Pembimbing II: Imam Baehaqie, S.Pd., M.Hum. Kata kunci : menulis sinopsis, teknik 4P Keterampilan menulis sinopsis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sebelum keterampilan berbahasa yang lainnya. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat pada siswa kelas V SDN Bintoro I Demak masih kurang dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Khusus untuk faktor ekstern tersebut salah satunya berasal dari teknik yang digunakan guru dalam melaksanakan pemelajaran, yang dinilai kurang bervariasi. Pemilihan teknik yang tepat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat. Berdasarkan paparan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu mengenai peningkatan keterampilan menulis sinopsis pada siswa kelas V SDN Bintoro I Demak dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pemelajaran menulis sinopsis cerita rakyat dengan menggunakan teknik 4P. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat dengan menggunakan teknik 4P dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pemelajaran keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat dengan menggunakan teknik 4P. Manfaat penelitian ini adalah memberikan manfaat bagi pengembangan teori pengajaran bahasa pada umumnya dan khususnya pengajaran keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat dengan menggunakan teknik 4P. Bagi guru, penelitian ini dapat meningkatkan proses belajar mengajar keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat. Bagi siswa, dapat meningkatkan keterampilan menulis sinopsis cerita rakyat dengan mengaplikasikan teknik 4P dengan nyaman tanpa mengesampingkan kompetensi dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bintoro I Demak. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui adanya peningkatan sebesar 29,71. Skor rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 60,93 dan mengalami peningkatan sebesar 13,39 menjadi 69,09 pada tahap siklus I. Kemudian pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat 14,39 dari siklus I menjadi 79,03. Setelah teknik 4P digunakan terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya kurang tertarik dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih tertarik dan lebih aktif mengikuti pembelajaran. Peneliti menyarankan agar para guru bahasa Indonesia sebaiknya menerapkan teknik 4P pada pengajaran menulis sinopsis cerita rakyat karena terbukti dapat mendorong siswa aktif berpikir, lebih percaya diri dalam mengembangkan gagasan atau idenya dalam menulis, dan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis sinopsis cerita rakyat. Setelah penelitian ini, peneliti berharap para praktisi atau peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam penulisan sinopsis cerita rakyat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis sinopsis, teknik 4P
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:14
Last Modified: 06 Dec 2011 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10624

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item