PERBEDAAN MENGAJAR LAY-UP KANAN MENGGUNAKAN METODE PROGRESIF DAN METODE REPETITIF TERHADAP KETRAMPILAN LAY-UP PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010


Shoma Adi Christianto, 6101405593 (2011) PERBEDAAN MENGAJAR LAY-UP KANAN MENGGUNAKAN METODE PROGRESIF DAN METODE REPETITIF TERHADAP KETRAMPILAN LAY-UP PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PERBEDAAN  MENGAJAR  LAY-UP   KANAN   MENGGUNAKAN METODE PROGRESIF DAN METODE REPETITIF TERHADAP KETRAMPILAN LAY-UP PERMAINAN BOLA BASKET  PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 1 PATI  TAHUN AJARAN 2009/2010] Microsoft Word (PERBEDAAN MENGAJAR LAY-UP KANAN MENGGUNAKAN METODE PROGRESIF DAN METODE REPETITIF TERHADAP KETRAMPILAN LAY-UP PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP N 1 PATI TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (47kB)

Abstract

Shoma Adi Christianto, 2010. Perbedaan Mengajar Lay-up Kanan Menggunakan Metode Progresif dan Metode Repetitif terhadap Ketrampilan Lay-up Permainan Bola Basket pada Siswa Putra Kelas VIII SMP N 1 Pati Tahun Ajaran 2009/2010. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa putra kelas VIII SMP N 1 Pati tahun ajaran 2009/2010 yang mengalami kesulitan dalam melakukan tembakan lay-up. Permasalahan penelitian ini yaitu : 1) Apakah ada perbedaan yang berarti antara mengajar lay-up menggunakan metode progresif dan repetitif?, dan 2) Manakah yang lebih baik, antara mengajar lay-up menggunakan metode progresif dan metode repetitif?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara mengajar tembakan lay-up menggunakan metode progresif dan metode repetitif terhadap ketrampilan lay-up kanan permainan bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP N 1 Pati tahun ajaran 2009/2010, dan 2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara mengajar lay-up kanan menggunakan metode progresif dan metode repetitif dalam meningkatkan ketrampilan lay-up kanan permainan bola basket pada siswa putra kelas VIII SMP N 1 Pati tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain matched by subject design atau pola M-S yang dilakukan pada populasi siswa putra kelas VIII SMP N 1 Pati berjumlah 240 siswa. Jumlah sampel penelitian ini adalah 20% dari anggota populasi yaitu 48 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu pembelajaran tembakan lay-up dari samping kanan dengan metode progresif dan metode repetitif sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan tembakan lay-up dari samping kanan dalam permainan bola basket sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tembakan lay-up dari samping kanan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan kelompok metode progresif sebesar 4,83 dan kelompok metode repetitif sebesar 5,50. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung = 2,89 > ttabel = 2,07 untuk a 5% dengan dk = 23, berarti ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran lay-up kanan menggunakan metode progresif dan repetitif. Perolehan rata-rata hasil belajar lay-up kedua kelompok menunjukkan kelompok metode repetitif lebih tinggi dari kelompok metode progresif. Sehingga mengajar menggunakan metode repetitif lebih baik dan lebih mendapatkan hasil yang meningkat dalam proses belajar tembakan lay-up kanan karena proses latihan belajar yang mudah diterima oleh siswa. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu pembelajaran lay-up kanan menggunakan metode repetitif lebih baik dibandingkan metode progresif. Mengacu dari hal tersebut dapat diajukan saran antara lain: 1) Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP dalam pembelajaran lay-up kanan bola basket sebaiknya dilakukan dengan menggunakan metode repetitif, dan 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai informasi ilmiah dan diharapkan untuk dapat membandingkan pembelajaran lay-up kanan menggunakan metode repetitif dengan metode yang lain agar diperoleh informasi yang semakin tepat terkait

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2011 08:15
Last Modified: 06 Dec 2011 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10616

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item