Pembelajaran Gerak Melalui Permainan Kasti Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Mudal 01 Kelas V Kecamatan Temanggung Tahun Pelajaran 2011


Sasmito Hudoyo , 6101407067 (2011) Pembelajaran Gerak Melalui Permainan Kasti Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Mudal 01 Kelas V Kecamatan Temanggung Tahun Pelajaran 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Gerak Melalui Permainan Kasti Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Mudal 01 Kelas V Kecamatan Temanggung Tahun Pelajaran 2011]
Preview
PDF (Pembelajaran Gerak Melalui Permainan Kasti Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Mudal 01 Kelas V Kecamatan Temanggung Tahun Pelajaran 2011) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Aktivitas bermain pada anak-anak banyak dilakukan dengan aktivitas jasmani, aktivitas jasmani ini sangat penting bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Gerak mereka berarti berlatih tanpa disadarinya, dasar gerak mereka akan menjadi lebih baik, karena kekutan otot, kelentukan, daya tahan otot setempat, dan daya tahan kardiovaskuler makin baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran melalui permainan kasti terhadap tingkat kesegaran jasmani di sekolah dasar negeri Mudal 01 kelas V Kecamatan Temanggung tahun ajaran 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa yang Bermain Kasti Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Mudal 01 Kecamatan Temanggung. Dalam penelitian ini metode yang di gunakan adalah metode tes, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 01 Mudal Temanggung, sampel seluruh siswa-siswi kelas V SD N 01 Mudal Temanggung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah permainan kasti, variabel terikat dalam penelitian ini adalah tingkat kesegaran jasmani siswa-siswi kelas V SD N Mudal Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes dengan melakukan tes kesegaran jasmani Indonesia yang terdiri dari lari 40 meter, gantung siku tekuk, baring duduk 30 detik, loncat tegak, lari 600 meter. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia usia 10-12 tahun, teknik tes, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif prosentase. Hasil dari penelitian, persentase hasil pretest tingkat kesegaran jasmani siswa kelas V di SD Negeri Mudal 01 Kecamatan Temanggung Tahun 2010/2011 diperoleh hasil pada siswa ,sebanyak 4 siswa (13,3%) temasuk kategori baik, sebanyak 14 siswa (46,7%) termasuk dalam kategori sedang, dan sebanyak 9 siswa (30,0%) termasuk dalam kategori kurang, sebanyak 3 siswa (10,0%) termasuk dalam kategori kurang sekali. Sedangkan pada hasil postest terjadi peningkatan pada siswa, sebanyak 17 siswa (56,7%) termasuk dalam kategori baik, dan sebanyak 13 siswa (43,3%) termasuk dalam kategori sedang, hasil tersebut menunjukan dengan bermain bola kasti dapat meningkatkan tingkat kesegaran jasmani. Berdasarkan hasil penelitian, saran Tingkat kesegaran jasmani pada siswa merupakan hal yang terpenting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dengan tingkat jasmani yang baik siswa akan lebih giat dalam belajar, maka menjadi tugas dari guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk selalu berupaya meningkatkan tingkat kesegaran jasmani dengan cara membiasakan hidup sehat pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Gerak Melalui Permainan Kasti
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2011 03:02
Last Modified: 25 Apr 2015 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item