KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM PENGUASAAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH RSBI DI SMPN RSBI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Haria Bita Prasetya , 3201407041 (2011) KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM PENGUASAAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH RSBI DI SMPN RSBI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN IPS  DALAM PENGUASAAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH RSBI DI SMPN RSBI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (KESIAPAN GURU MATA PELAJARAN IPS DALAM PENGUASAAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH RSBI DI SMPN RSBI SE-KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012) - Published Version
Download (477kB) | Preview

Abstract

Sekolah Bertaraf Intemasional bertujuan meningkatkan mutu pelayananan pendidikan dalam menyiapkan lulusan SMP yang memiliki kompetensi seperti yang tercanturn di dalam Standar Kompetensi Lulusan yang memenuhi standar kompetensi lulusan berdaya saing pada taraf internasional yang dimiliki (Depdiknas, 2008: 2). Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus memiliki 4 kompetensi dasar guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam proses pembelajaran di sekolah RSBI seorang dituntut memenuhi 4 kompetensi dasar tersebut ditambah dengan kompetensi sebagai tenaga pendidik sekolah bertaraf internasional sesuai dengan Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru dan Permendiknas No.78 tahun 2009. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru IPS Geografi dalam pelaksanaan pembelajaran di SMPN RSBI se-Kabupaten Demak tahun pelajaran 2011/2012 yang sesuai dengan Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru dan Permendiknas No.78 tahun 2009 tentang pendidik dan tenaga kependidikan sekolah bertaraf internasional? Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS Geografi SMPN 2 Demak dan SMPN 3 Mranggen sejumlah 10 orang guru karena jumlah gurunya sangat sedikit sehingga peneliti mengambil semua populasi untuk di jadikan sampel dengan didasarkan pada total sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, kompetensi tenaga pendidik sekolah RSBI. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian secara keseluruhan guru IPS Geografi SMPN RSBI se-Kabupaten Demak pada kompetensi pedagogik berkriteria sangat baik dengan skor total 784, beberapa indikator masih dikatakan kurang baik sebagai contoh ada guru yang masih belum menguasai beberapa indikator dalam kompetensi pedagogik, guru tersebut dalam penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan yang diajarkan tetapi tidak begitu menguasai bahan pelajaran yang disampaikan. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial masing-masing memiliki skor 160 dengan kriteria sangat baik, semua guru dalam penguasaan kompetensi kepribadiaan dan sosial sangat baik. Kompetensi profesional termasuk pada kriteria sangat baik dengan skor total 395, namun pada indikator pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif beberapa guru belum melakukan kegiatan tersebut dengan maksimal. Kompetensi tenaga pendidik sekolah RSBI berkriteria baik dengan skor 52 pada indikator penguasaan bahasa asing masih banyak guru yang belum menguasai, masih banyak guru yang belum menguasai bahasa inggris dan belum mempunyai sertifikat toefl. Guru dalam penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan yang diajarkan diharapkan lebih meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik. Guru diharapkan dapat meningkatkan penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran terutama guru yang kurang baik dalam menjelaskan materi pelajaran guru tidak menggunakan buku teks atau sumber belajar yang seadanya tetapi memiliki sumber belajar lainnya. Diharapkan guru dalam pelaksanaan dan proses pembelajaran menggunakan bahasa asing. Untuk merealisasikan hal tersebut, diharapakn guru mengikuti beberapa pelatihan dalam menunjang kesiapan mengajar di sekolah RSBI, khususnya untuk semua guru yang mengajar mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, kompetensi Guru sekolah RSBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 08:06
Last Modified: 25 Apr 2015 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10542

Actions (login required)

View Item View Item