Consumer Decision Model Analisis Keefektifan Iklan:Studi Empiris Iklan di Televisi Tentang Produk Kendaraan Bermotor Yamaha di Kecamatan Kendal Kota


Asasuddin Setyaji , 7350406522 (2011) Consumer Decision Model Analisis Keefektifan Iklan:Studi Empiris Iklan di Televisi Tentang Produk Kendaraan Bermotor Yamaha di Kecamatan Kendal Kota. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Consumer Decision Model Analisis Keefektifan Iklan:Studi Empiris Iklan di Televisi Tentang Produk Kendaraan Bermotor Yamaha di Kecamatan Kendal Kota”.]
Preview
PDF (Consumer Decision Model Analisis Keefektifan Iklan:Studi Empiris Iklan di Televisi Tentang Produk Kendaraan Bermotor Yamaha di Kecamatan Kendal Kota”.) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber informasi, iklan juga sebagai media hiburan dan media komunikasi yang efektif terutama jika menggunakan media televisi. Banyaknya produk kendaraan bermotor yang bermunculan dengan berbagai promosi melalui iklan yang ditampilkan di televisi, maka perusahaan harus bisa menarik konsumen melalui iklan-iklan yang ditampilkan. Salah satunya adalah produk kendaraan bermotor Yamaha yang menampilkan iklan yang menarik. Dalam kasus ini iklan yang ditampilkan produk kendaraan bermotor sudah menarik namun minat beli masyarakat kurang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara variabel pesan iklan terhadap pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli secara langsung terhadap masyarakat kecamatan Kendal Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh pesan iklan terhadap pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli secara langsung terhadap masyarakat kecamatan Kendal Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Kendal Kota yang memiliki pekerjaan sebanyak 27.559 orang. Sampel sebanyak 100 orang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu pesan iklan, dan variabel terikat pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dari paket software AMOS 16 dan uji intrumen. Hasil penelitian uji analisis konfirmatori dan uji kelayakan full model dianalisis menggunakan SEM dari Goodness of Fit didapat nilai Chi square = 174,314; probabilitas = 0,258; GFI = 0,879; AGFI = 0,844; CFI = 0,992; TLI = 0,990; RMSEA = 0,024; CMIN / DF = 1,069, berdasarkan hasil tersebut maka model memenuhi Goodness of fit index, sehingga dapat dikatakan model penelitian ini layak untuk digunakan. Variabel intervening memenuhi syarat diterima yaitu pengaruh langsung = 0,293 < nilai P total pengaruh langsung dan tidak langsung pesan iklan terhadap pengenalan merek dan sikap konsumen = 0,413 > pengaruh tidak langsung = 0,120 dan pengaruh langsung = 0,236 < nilai P total pengaruh langsung pesan iklan terhadap pengenalan merek dan keyakinan konsumen = 0,322 > pengaruh tidak langsung = 0,087. Pengujian atas hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis telah memenuhi syarat diterima yaitu nilai CR> 2 dengan Probability < 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah pesan iklan produk kendaraan bermotor Yamaha, memberikan pengaruh positif signifikan pada pengenalan merek, kepercayaan konsumen, sikap konsumen dan niat beli dan pesan iklan berpengaruh langsung terhadap sikap konsumen dan keyakinan konsumen tanpa melalui pengenalan merek. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah produsen kendaraan bermotor hendaknya untuk lebih meningkatkan kualitas pesan iklan yang disampaikan kepada calon konsumen atau konsumen sehingga diharapkan dapat meningkatkan niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Consumer Decision Model, Kendaraan Bermotor Yamaha, Pesan Iklan, Pengenalan Merk, Sikap Konsumen, Keyakinan Konsumen, Niat Beli
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2011 06:23
Last Modified: 25 Apr 2015 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item