Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Grobogan.
Ainun Najib, 1102402013 (2007) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Grobogan.)
- Published Version
Download (588kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian awal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di Kabupaten Grobogan. Penelitian ditekankan pada kebijakan yang terkait dengan manajemen berbasis sekolah, dalam hal ini pengelolaan kurikulum dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kurikulum dan pengelolaan pembelajaran di sekolah menengah di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Grobogan dengan alokasi waktu bulan Oktober sampai Desember 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengembulan sample yang digunakan adalah criterion base selection purposive sampling. Sample yang dipakai adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau guru, siswa dan komite sekolah dari 4 SMA di Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik dokumentasi untuk memperoleh data tentang kelengkapan administrasi masing-masing sekolah, data dokumentasi ini akan diperoleh dari kepala sekolah dari masing-masing sekolah. Teknik observasi digunakan untuk mengamati implementasi pengelolaan kurikulum dan juga pengelolaan pembelajaran di sekolah. Sedangkan teknik wawancara digunakan untuk menggali data yang lebih detail mengenai pelaksanaan pengelolaan kurikulum dan pengelolaan pembelajaran. Untuk mengetahui validitas data digunakan metode triangulasi yang meliputi triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Sumber data yang berupa implementasi manajemen berbasis sekolah yang difokuskan pada pengelolaan kurikulum dan pembelajaran digali dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau guru, siswa dan komite sekolah. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara umum pengelolaan kurikulum dan pembelajaran pada SMA Negeri di Kabupaten Grobogan sudah cukup baik, hal ini terlihat dari fakta adanya pengembangan kurikulum yang dilakukan sekolah, adanya pemahaman kurikulum formal dan informal, adanya usaha untuk meningkatkan kerjasama antara kepala sekolah, guru dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengelolaan sekolah, serta adanya inovasi pembelajaran dan usaha pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan. Meskipun dalam pengelolaan kurikulum dan pembelajaran sudah cukup baik, tetapi tetap ada kendala dalam implementasi kurikulum dalam pembelajaran, kendala tersebut antara lain: kurangnya sarana dan prasarana, fasilitas serta media pendidikan dan pembelajaran, masih ada beberapa personel sekolah yang tidak dapat merespon aktif pembaharuan pendidikan, komite sekolah yang sulit dilibatkan dalam pengelolaan pendidikan, sampai pada kekurangsiapan siswa dalam mengikuti system pengajaran dalam KBK.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi MBS, SMA Negeri. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Apr 2011 07:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1050 |
Actions (login required)
View Item |