Penerapan Pendekatan JAS pada Materi Keanekaragaman Protista Didukung Media Film terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa


Wasis Wuyung Wisnu Brata, 4401405041 (2011) Penerapan Pendekatan JAS pada Materi Keanekaragaman Protista Didukung Media Film terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan JAS pada Materi Keanekaragaman Protista Didukung Media Film terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa]
Preview
PDF (Penerapan Pendekatan JAS pada Materi Keanekaragaman Protista Didukung Media Film terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa) - Published Version
Download (101kB) | Preview

Abstract

Brata, Wasis Wuyung Wisnu. 2010. Penerapan Pendekatan JAS pada Materi Keanekaragaman Protista Didukung Media Film terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Ir. Pramesti Dewi, M.Si dan Dra. Lina Herlina, M.Si. Materi keanekaragaman protista merupakan materi yang dianggap sulit bagi siswa dikarenakan objek yang dipelajari sebagian besar berukuran mikroskopis dan tidak dapat diamati secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu menyebabkan kecenderungan bagi siswa untuk menghafal konsep-konsep yang ada sehingga dirasa sulit bagi siswa. Melalui pendekatan JAS yang menekankan pada kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar kehidupan peserta didik diharapkan mampu menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Film memiliki kelebihan dalam hal dalam penyampaian informasi secara audio-visual sehingga menarik untuk dijadikan media pembelajaran untuk menampilkan contoh Protista sehingga mempermudah pemahaman terhadap materi. Maka, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan JAS melalui pengamatan keanekaragaman Protista di lingkungan sekolah didukung media film terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman Protista di SMA N Ajibarang. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan metode Randomized posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XA; XB; XC; XD. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Setelah dilakukan uji homogenitas dilakukan pengundian acak maka diperoleh sampel penelitian kelas XA dan XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pebedaan aktivitas dan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kontrol. Pada kelas eksperimen, persentase rata-rata aktivitas siswa mencapai kriteria sangat tinggi, yaitu sebesar 85% untuk kelas XA dan 86% untuk kelas XC. Sedangkan pada kelas kontrol persentase rata-rata aktivitas siswa mencapai kriteria sedang yaitu sebesar 67%. Hasil belajar siswa juga menunjukan perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Ketuntasan belajar pada kelas XA dan XC berturut-turut sebesar 91% dan 97% sedangkan pada kelas kontrol hanya sebessar 66%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran dengan Pendekatan JAS didukung media film. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan JAS pada materi Keanekaragaman Protista didukung media film berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dibanding kelas kontrol di SMA Negeri Ajibarang. Kata kunci: Pendekatan JAS didukung media film, aktivitas, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan JAS didukung media film, aktivitas, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2011 01:27
Last Modified: 03 Dec 2011 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item