Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-D MA Al Asror Semarang Melalui Layanan Penguasaan konten Dengan Teknik Sosiodrama
Wiwik Yuliana, 1301406023 (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-D MA Al Asror Semarang Melalui Layanan Penguasaan konten Dengan Teknik Sosiodrama. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-D MA Al Asror Semarang Melalui Layanan Penguasaan konten Dengan Teknik Sosiodrama)
- Published Version
Download (101kB) | Preview |
Abstract
Yuliana, Wiwik. 2011.Upaya Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas X-D MA Al Asror Semarang Melalui Layanan Penguasaan konten Dengan Teknik Sosiodrama. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Kemampuan Interaksi Sosial, Layanan Pengasaan konten, Sosiodrama. Kemampuan interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara individu satu dengan individu lainnya dimana individu yang satu dapat mempengaruhi individu yang lainnya sehingga terdapat hubungan yang saling timbal balik. Tidak semua siswa dapat melakukan interaksi sosial dengan baik. Siswa yang tidak dapat melakukan interaksi sosial dengan baik, akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas perkembangannya. Mereka tidak mempunyai banyak teman dan bahkan dikucilkan dari kelompoknya. Untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial, salah satunya adalah memalui Layanan Penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. Layanan Penguasaan konten dipilih karena, pada layanan ini siswa akan diajarkan konten tentang interaksi sosial. Tujuan dari Layanan Penguasaan konten ini adalah untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas X-D di MA Al Asror Semarang. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian Quasy eksperimen atau eksperimen pura-pura. Design yang digunakkan adalah pre test-post test design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Al Asror Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan, dan sampel yang di ambil adalah kelas X-D. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Alat yang digunakan adalah skala interaksi sosial yang telah diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial mengalami peningkatan sebesar 16.2%, peningkatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Kemampuan interaksi sosial sebelum memperoleh layanan sebesar 46.2%, (2)Kemampuan interaksi sosial setelah memperoleh layanan sebesar 62.61%, (3)Hasil uji t-Test menunjukkan adanya perbedaan kemampuan interaksi sosial antara sebelum dan setelah memperoleh layanan. Simpulan kemampuan interaksi dapat ditingkatan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. Saran yang diberikan yaitu, pihak sekolah dapat lebih meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Guru pembimbing hendaknya mengembangkan kompetensinya dalam menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa karena terbukti efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Interaksi Sosial, Layanan Pengasaan konten, Sosiodrama |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 3313 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:31 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10384 |
Actions (login required)
View Item |