PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI JAWA TENGAH
Sapto Widyo Astoro, 7351307024 (2011) PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI JAWA TENGAH)
Download (298kB) | Preview |
Abstract
Sapto Widyo Astoro. 2010. “Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah”, Jurusan Manajemen Perkantoran Universitas Negeri Semarang. Drs. Ade Rustiana, M.Si (Pembimbing). Kata Kunci: Prosedur Pengelolaan, Surat Masuk dan Surat Keluar Dalam suatu instansi atau organisasi terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk keperluan bisnis, profesi social dan berbagai macam keperluan lain. Mereka bekerja sama menentukan tujuan yang ingin dicapai, menyusun suatu rencana kerja, mengelola dan menjalankan operasi bisnis. Dalam melakukan hubungan dengan pihak luar organisasi, untuk mejalankan tugas itu mereka beraksi, berinteraksi dan berkomunikasi. Ada berbagai macam cara dalam berkomunikasi guna melaksanakan kerja sama dengan pihak luar sebagai alat tujuan pencapaian perusahaan, berkomunikasi dengan pihak luar dapat dilakukan dengan lisan, tulisan maupun dengan menggunakan multimedia, berkomunkasi dengan tulisan salah satunya adalah kegiatan surat menyurat antara instansi yang terkait dengan pihak luar. Permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah bagaimanakah prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah? Sarana apa saja yang digunakan umtuk pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah? Kendala apa saja yang dihadapi dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar Pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Untuk mengetahui sarana yang digunakan dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Lokasi penelitian bertempat di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Yang terletak di JL. Jendral Gatot Subroto (Tarubudaya) Ungaran Semarang. Objeknya adalah prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu analisis yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, dilaksanakan di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. Prosedur pengelolaan surat masuk meliputi: penerimaan surat, penyortiran, pencatatan, pengarahan dan penerusan, penyampaian surat pada pegawai yang bersangkutan, penyimpanan berkas/arsip surat masuk. Prosedur pengelolaan surat keluar meliputi: pembuatan konsep surat, persetujuan konsep surat, pengetikan konsep surat, mengagendakan surat, pemeriksaan surat, penandatanganan surat, pemberian cap dinas, melipat surat, penyampulan surat, dan pengiriman surat. Sarana yang digunakan dalam penangan surat masuk dan surat keluar antara lain: Alat penerima surat meliputi: meja, gunting, serta map, Alat penyimpanan surat meliputi: almari arsip atau filling cabinet dan ordner, Dan alat pelaksanaan korespondensi antara lain meliputi: mesin ketik elektronik, mesin ketik manual, computer, mesin foto copy, formulir pengendalian surat masuk, daftar pengantar, buku ekspedisi intern, dan stempel kantor Dinas. Kendala yang dihadapi adalah: Distribusi dari pimpinan tidak sesuai dengan tugas pokok bidang, jumlah SDM yang mengelola surat masuk dan surat keluar masih kurang, fasilitas untuk mengelola surat masuk dan surat keluar sering mengalami kehilangan, karena pegawai sering teledor dalam menyimpan alat-alat pengelola surat, misalnya: bila setelah menggunakan alat-alat pengelola surat tidak disimpan pada tempatnya jadi sering mengalami kehilangan. Saran bagi instansi adalah: memberikan pegarahan kepada para pegawai yang lain agar saat petugas yang bertanggung jawab dalam pengelolaan surat, dinas keluar kota, harus ada yang menggantikanya untuk sementara, supaya pengelolaan surat tetap berjalan lancar, petugas yang bertanggung jawab dalam pengelolaan tidak boleh bersamaan dinas diluar kota, harus ada yang tinggal di tempat, para pegawai sering di bimbing atau diberikan pengarahan dalam menggunakan alat-alat atau fasilitas pengelola surat, agar tidak terjadi kehilangan alat-alat pengelola surat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3 |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2011 01:36 |
Last Modified: | 03 Dec 2011 01:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10337 |
Actions (login required)
View Item |