“Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009”.


Astri Puspitaningtyas , 7250406584 (2011) “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009”.] PDF (“Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009”.) - Submitted Version
Download (808kB)

Abstract

Kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan sosial sangat penting untuk meningkatkan image baik dan membangun kepercayaan masyarakat yang akan berdampak positif terhadap kelangsungan perusahaan secara terus menerus (going concern). Perusahaan dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosialnya secara langsung kepada lingkungan sekitar. Dalam praktiknya belum banyak perusahaan yang mengungkapkan pertanggungjawaban sosial. Masih banyak yang menganggap pertanggungjawaban sosial adalah beban dalam operasi produksi. Belum ditetapkannya format laporan pertanggung jawaban sosial yang baku menyebabkan pengungkapan tanggung jawab sosial di Indonesia masih bersifat sukarela. Oleh sebab itu perlu adanya tema pengungkapan tanggung jawab sosial secara jelas dan bersifat wajib (mandatory). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran dewan komisaris, berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2009 sebanyak 193 perusahaan dengan sampel 25 perusahaan selama 2 periode, sehingga didapat sampel sejumlah 50 yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Metode pengungkapan dengan pengamatan ada tidaknya item informasi yang ditentukan dalam laporan tahunan dengan cara checklist. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa ukuran (size) perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan dan dewan komisaris secara simultan mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial pada Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2008- 2009 sebesar 22,8% sedangkan sisanya (77,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, hanya ukuran (size) perusahaan yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial sedangkan profitabilitas, umur perusahaan dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ukuran (size) perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial sedangkan profitabilitas, umur perusahaan dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Saran yang dapat diberikan penulis adalah hendaknya mengontrol biaya dan pendapatan sehingga dapat meningkatkan profitabilitas, meningkatkan kemampuan dalam keunggulan berkompetisi, serta menambah dewan komisaris.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Umur Perusahaan, Dewan Komisaris
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 01 Dec 2011 04:52
Last Modified: 25 Apr 2015 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item