PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN “3 ON 3” PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011


Dhian Indriyani, 6101407188 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN “3 ON 3” PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN “3 ON 3” PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN “3 ON 3” PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKOHARJO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2010/ 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dikarenakan minat siswa dalam mengikuti pelajaran penjasorkes sangat kurang sehingga menyebabkan nilai siswa SMP Negeri 1 Sukoharjo, Wonosobo belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang seharusnya dicapai dari alasan tersebut penulis tertarik untuk membuat modifikasi pembelajaran penjasokes khususnya untuk materi bola voli yaitu permainan “3 on 3” pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo, Wonosobo tahun pelajaran 2010/2011. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan model permainan 3 on 3 untuk pembelajaran passing bawah bola voli, mengetahui seberapa besar pengaruh permainan 3 on 3 bola voli terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Wonosobo. Pada penelitian ini yang dijadikan subjek penelitian adalah seluruh siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Wonosobo yang berjumlah 128 anak. Teknik analisis data penelitian ini ingin mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar passing bawah dengan menggunakan permainan 3 on 3 bola voli yang dilihat dari tiga aspek, yaitu aspek psikomotor, aspek kognitif dan aspek afektif, teknik yang digunakan untuk mendapatkan hasil akhir berupa nilai yang mencakup tiga aspek dalam belajar, yaitu psikomotor, kognitif dan afektif dari pembelajaran passing bawah bola voli yang telah dilakukan. Pada akhirnya hasil tersebut dapat dibandingkan dengan hasil belajar passing bawah bola voli yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Untuk mengetahui adanya peningkatan tiap aspek pada setiap siklus digunakan rumus prosentase deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan permainan 3 on 3 dilihat dari peningkatan hasil prosentase di setiap siklus pada tiap aspek. Aspek afektif pada siklus I 74.8%, siklus II 80%, dan siklus III 88.4%. Aspek kognitif pada siklus I 66.25%, siklus II 67.05%, siklus III 68.55%. Aspek psikomotor pada pre test (siklus I) 42% dan saat post test (siklus III) 66,44%. Selain itu juga adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah bola voli dari tahun pelajaran 2009/ 2010 dan tahun pelajaran 2010/ 2011. Prosentase ketuntasan pada tahun 2009/ 2010 hanya mencapai 33,33% sedangkan tahun 2010/ 2011 telah mencapai 60,94%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa permainan 3 on 3 dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli secara signifikan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti bahwa model pembelajaran dengan menggunakan permainan 3 on 3 dapat menjadi alternatif yang digunakan oleh guru penjasorkes dalam penyampaian materi passing bawah pada bola voli. Selain itu perlunya inovasi dari guru penjasorkes dalam menerapkan model pembelajaran penjasorkes agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bola voli, passing bawah
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 08:08
Last Modified: 25 Apr 2015 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item